Published On: Tue, Nov 3rd, 2015

Makam Raja Selaparang Banyak Dikunjungi Peziarah

dibaca 1,358 kali
Share This
Tags

selLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com – Makam Raja Selaparang adalah salah satu cagar budaya yang dilindungi oleh Negara. Makam Raja Selaparang terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Selaparang, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur.

Makam Raja Selaparang sendiri banyak dikunjungi peziarah, baik lokal maupun nasional. Selain itu beberapa makam yang dikeramatkan dan sering dikunjungi masyarakat. Seperti makam Tanjung yang lokasinya sekitar 250 meter dari komplek pemakaman Raja Selaparang, makam Tuan Lebe Desa Ketangga, makam Raja Putra Suwung, Desa Prigi, makam Saleh Sungkar, Desa Labuhan Lombok.

Komples Makam Selaparang ramai dikunjungi peziarah pada waktu-waktu tertentu begitu juga dengan makam keramat lainya. Tradisi ziarah ke Makam Selaparang masih lestari hingga sekarang. Ada tiga makam yang banyak dikunjungi di kompleks Makam Selaparang yakni makam Raja Selaparang, makam orang tua Raja Selaparang dan makam panglima Gajah Mada.

Demikian disampaikan Lalu Mursal tokoh masyarakat Desa Selaparang,dia juga mengatakan “setiap hari para pengunjung makam untuk berziarah, konon di dalamnya terdapat mendiang Raja selaparang, Orangtua Raja selaparang dan adanya mendiang panglima Gajah mada” tuturnya saat ditemui Lombok fm selasa 02/11/2015.

Jejak-jejak keislaman di makam ini adalah di nisan salah satu makam bertuliskan huruf Arab dan huruf yang merupakan peralihan huruf Jawa kuno ke huruf Bali yang terdiri atas lima baris dan terpahat dalam bentuk relief timbul yang berbunyi La ilaha ilallah, wa muhammadun radul, ulla, maesan, gegawean dan parayuga.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah Kerajaan Selaparang, Anda bisa ke Desa Ketangga yang masih berada di Kecamatan Suela. Desa itu termasuk desa tertua dan menyimpan benda-benda pusaka Kerajaan Selaparang.

Desa ini menyimpan misteri dan memiliki cagar budaya yang cukup banyak, seperti masjid pusaka Selaparang, batu dari Irak (Baghdad) dan sabuk yang bertuliskan sejarah manusia sejak lahir hingga masuk alam akhirat. Tidak itu saja, pengunjung juga bisa menemukan Al Quran bertulis tangan, perisai yang terbuat dari kulit manusia, keris, tanjekan dan senjata perang masih banyak yang lain. Namun sayangnya cagar budaya ini belum mendapatkan perlindungan dari negara.

Jika kita merunut pada sejarah, keberadaan Makam Selaparang sangat lekat dengan makam-makam yang tidak jauh dari makam raja Selaparang serta berhubungan dengan cagar budaya yang ada di kaki Gunung Rinjani. Sehingga penting kemudian pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama melindungi dan mengelolanya. |006|002|

      makam raja selaparang banyak di kunjungi penziarah

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah