Published On: Fri, Oct 9th, 2015

Mahasiswa Vokasi Lombok Utara Turun Drastis

dibaca 1,366 kali
Share This
Tags

penRADIO LOMBOK FM – Mahasiswa angkatan kedua program vokasi kampus Universitas Mataram (Unram) Lombok Utara turun drastis bila dibadingkan pada awal dibukanya tahun 2014 lalu.

Untuk angkatan kedua tahun 2015, jumlah mahasiswa yang terdaftar hanya 90 orang turun drastis dari tahun sebelumnya yang berjumlah 212 orang di empat Program Studi (Prodi). Sepinya peminat diperkirakan dampak dari tidak adanya beasiswa dari Pemda KLU.

Direktur Vokasi Unram Lombok Utara, Dr. Himawan Sutanto, membenarkan menurunnya jumlah mahasiswa pendaftar Vokasi tersebut.

Dosen Fakultas Ekonomi Unram yang dipercaya sebagai direktur Vokasi di Lombok Utara ini mengatakan rendahnya peminat masyarakat Lombok Utara untuk masuk di Vokasi kemungkinan karena pengaruh perekonomian.

Selain itu menurut Himawan sangat mungkin karena tahun ini tidak ada subsidi atau beasiswa dari pemerintah daerah menyangkut beberapa biaya pendidikan seperti yang diterima angkatan pertama.

Dikatakan Himawan, sebenarnya antusias generasi muda untuk melanjutkan sekolah di Vokasi sangat tinggi, terbukti dengan tingkat disiplin dan kehadiran mahasiswa mengikuti pelajaran sangat produktif, akan tetapi dari aspek kemampuan perekonomian masyarakat belum mampu mandiri, artinya tanpa adanya subsidi/beasiswa, masyarakat tidak akan mampu menanggung biaya pendidikan karena faktor masih tingginya angka kemiskinan.

Ia berharap pemda Lombok Utara kembali menganggarkan beasiswa untuk para generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi masyarakat yang ingin melanjutkan ke Vokasi Unram, agar harapan memperbaiki SDM bisa berjalan sesuai harapan. |004|058|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah