Published On: Wed, Jul 13th, 2016

LPA Lombok Timur Prihatin Anak-anak Banyak Terlibat Kasus Hukum

dibaca 890 kali
Share This
Tags

judanRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Lombok Timur Judan Putra Baya prihatin melihat keadaan anak-anak di Lotim saat ini, sebab belakangan ini banyak anak dibawah umur terlibat langsung sebagai tersangka dalam tindak pidana umum, salah satunya sebagai pencuri.

“Miris memang melihat kondisi seperti itu, dan sangat disayangkan’’, ungkapnya Judan kepada RADIO LOMBOK FM, Rabu 13/07/2016.

Menurutnya Judan seperti para tersangka pencuri hewan ternak di desa Sambelia beberapa hari lalu yang diamankan polisi diyakininya bahwa anak-anak itu hanya sebagai korban, dalam artian peran anak tersebut ada yang menyuruhnya dan pastinya itu orang dewasa.

“saya  tidak yakin anak-anak itu melakukannya, walaupun terbukti bersalah tapi pasti ada orang dewasa dibelakang perbuatan tindak pidana umum yang mereka lakukan”, paparnya.

Dengan kejadian tersebut, akuinya hal itu merupakan pembelajaran bagi para orang tua, termasuk pihak LPA, agar berlebih hati-hati lagi dalam membiarkan anak bergaul, sehingga peranan orang tua dalam mengawasi sangatlah penting.

Dikesempatan itu judan menjelaskan terkait perlindungan hukum yang harus diketahui dalam melakukan penahanan anak dibawah umur, dimana yang pertama  UU Nomor: 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yang kemudian disempurnakan menjadi UU Nomor: 35 Tahun 2014 dimana bahwa anak yang melakukan tindak pidana harus diperlakukan seperti anak, tidak boleh perlakuannya dengan pelaku dewasa. Kalaupun harus ditahan tapi tidak boleh di tempat dewasa, dan jangan ada rompi kuning.

Kemudian yang ke dua UU Nomor: 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak dalam UU tersebut dengan tegas proses hukum anak dihadapkan hukum dimana ditentukan bahwa setiap anak yang lakukan tindak pidana di vonis 7 tahun harus menyelesaikan proses peradilan diluar peradilan.

‘’boleh saja hukum memvonis anak itu dengan undang-undang yang sesuai dengan mereka lakukan, akan tetapi anak tetap anak dan jangan diperlakukan seperti pelaku dewasa’’, harapnya. |002|013|

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah