Published On: Fri, Jul 22nd, 2016

Lombok Timur Kekurangan Guru PNS

dibaca 1,020 kali
Share This
Tags

lalu suandiRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Lombok Timur, Lalu Suandi menyebut jika sampai saat ini dunia pendidikan Lombok Timur masih krisis ribuan guru negeri, bahkan mencapai 4.000 orang.

Untuk mengisi kekosongan itu, tidak dipungkiri sebagai suatu kebutuhan harus dipenuhi dengan Guru Tidak Tetap (GTT). “di Lombok Timur kita kekurangan guru negeri sampai 4.000 orang’’, demikian dikatakannya kepada RADIO LOMBOK FM, Jum’at 22/07/2016.

Menurutnya ada beberapa factor yang mempengaruhi Lombok Timur kekurangan guru PNS, salah satunya yaitu pension yang selalu ada setiap tahunnya.

Sehingga, keberadaan GTT mau tidak mau harus difungsikan untuk mengisi segala kekosongan itu baik ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan kondisi itu, ia berharap kepada GTT agar tetap memberikan pembelajaran yang maksimal terhadap peserta didik agar tujuan pendidikan itu dapat tercapai dengan baik. “kekurangan guru PNS itu kita penuhi dengan GTT baik ditingkat SD sampai SMA, walaupun honor yang terkadang didapatkan oleh GTT ini tak seberapa,”ungkapnya suandi.

Keterbatasan guru negeri disuatau daerah itu memang berdampak terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Terlebih, di wilayah-wilayah yang terpencil atau jarang dijamah dan mengingat kabupaten Lombok Timur merupakan daerah yang memiliki luas wilayah, sekolah serta jumlah penduduk yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya khususnya di NTB.

“Baik guru kelas maupun guru mata pelajaran kita masih sangat kekurangan,”ungkapnya kembali.

Kendati masih ada sekolah yang kekurangan guru, Suandi memastikan jika tidak ada satu sekolahpun di Kabupaten Lombok Timur yang tidak memiliki guru, terutama guru agama maupun guru olahraga.

“Walaupun kita akui masih kekurangan guru, minimal dalam suatu sekolah baik SD, SMP maupun SMA sudah memiliki guru agama dan guru olahraga,”jelasnya. |002|037|

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah