Published On: Sat, Sep 10th, 2016

Lombok Timur Akan Alami Kekeringan Terparah Tahun Ini

dibaca 244 kali
Share This
Tags

bpbdRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Kekeringan air bersih yang dialami Kabupaten Lombok Timur (Lotim) saat ini masuk kategori kekeringan dahsyat. Prihatin tentu melihat kondisi itu.

Sampai awal bulan September 2016 ini sudah 7 Kecamatan mengalami krisis air bersih. Dan sepertinya daerah kekeringan akan semakin bertambah bulan-bulan kedepan, ujar H. Napsi selaku kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim kepada RADIO LOMBOK FM, Jum’at (09/09/2016).

Tidak dipungkiri ada bebeberapa daerah baru yang biasanya tidak kering namun tahun ini masuk dalam data kekeringan, seperti Desa Sikur, Sembalun, dan Sakra, sambungnya.

Disebutkan Napsi bahwa ada 3 kecamatan yang paling parah kondisi kekeringannya saat ini yaitu Kecamatan, Jerowaru, Keruak, dan Sakra Timur. Dengan begitu pihak BPBD lakukan pendropingan air lebih sering, ke 3 Kecamatan tersebut dari pada Kecamatan yang lain.

‘’penanganan semenetara kita bisa lakukan mengatasi dengan jangka pendek (droping tangki air-red)’’, jelasnya.

Untuk kedepannya melihat dari anggaran tahun 2016 pihak BPBD akan lakukan survey geolistrik dalam pembentukan fisik untuk sumur bor, seperti diketahui bahwa saat sekarang ada 11 titik yang sedang dibangun. Dan kedepannya semua titik di Lotim akan dilakukan survey tersebut. Dengan begitu di tahun 2019 nanti tidak ada lagi yang mengalami kekeringan.

‘’tahun 2019 target kita kekeringan di Lotim sudah tidak ada’’, jelasnya kembali. |002|016|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah