Published On: Tue, Jun 28th, 2016

Lombok Tengah Aman Dari Peredaran Vaksin Palsu

dibaca 697 kali
Share This
Tags

ekaRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Pasca pengungkapan  kasus Pabrik Pembuatan Vaksin Palsu seperti Vaksin  campak, polio, hepatitis B, tetanus oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim POLRI, membuat masyarakat khawatir atas peredaran vaksin tersebut.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Tengah dr. Nurhandini Eka dewi mengatakan, Terkait dengan ada pengungkapan kasus Pabrik pembuatan  Vaksin Palsu oleh Kepolisian. Bahwa peredaran Vaksin palsu itu di Kabupaten Lombok Tengah hingga saat ini tidak ada.

“Jadi Lombok Tengah aman dari peredaran vaksin Palsu itu,”Tegasnya Kepada RADIO LOMBOK FM dikantor Bupati Lombok Tengah, Jumat 24\06\2016.

Dijelaskanya, Untuk vaksin yang digunakan di kabupaten Lombok Tengah itu disalurkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Karena Pemda Lombok Tengah tidak membeli vaksi itu sendiri, melainkan Vaksin itu disalurkan dari Bio Farma yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga untuk Lombok Tengah kita jamin tidak ada peredaran Vaksin Palsu itu.

“Bio Farma ini juga yang melayani Vaksin di Afrika dan Asia selatan,”Ungkapnya

Untuk itulah, Pihaknya berharap kepada masyarakat supaya tidak meragukan vaksin yang digunakan di kabupaten Lombok Tengah. Kedati peredaran vaksin palsu ini dari hasil pengungkapan sudah berjalan 5 tahun. Peredaran Vaksin palsu ini sasarannya itu juga pelayananan kesehatan swasta.

“Kalo di luar jawa rata-rata mereka menyuplai vaksin itu dari  swasta. Kalo kita di Lombok  ini menyuplai vaksin itu  menggunakan fasilitas pemerintah,”Tegasnya.

Ditambahkanya, dampak yang ditimbulkan dari vaksin palsu itu adalah salah satunya penyakit difteri, dan tetanus yang bisa mengakibatkan meninggal dunia. Selain itu juga,  pihaknya  menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli obat. Karena tidak menutup kemungkinan juga obat palsu yang beredar.

“Kalo bisa warga itu membeli obat ditoko obat yang sudah ada penanggungjawabnya,”Harapnya |010|033|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah