Published On: Thu, Aug 2nd, 2018

Lombok Kembali Diguncang Gempa Susulan

dibaca 512 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Mataram -Gempa susulan berkekuatan 4,1 pada Skala Richter (SR) Rabu (1/8) sekitar pukul 18.07. Wita kembali membuat khawatir masyarakat Lombok.

Analisis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Mataram menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Karena itu kepada masyarakat diminta untuk tetap tenang, tidak panik dan tidak cepat termakan informasi-informasi yang tidak benar (hoax).

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto.menyatakan, hasil analisa BMKG memperlihatkan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,36 derajat lintang selatan dan 116,63 derajat bujur timur.

“Lokasi gempa pada jarak 18 kilometer arah timur laut Kabupaten Lombok Timur pada kedalaman 10 km,” kata Agus dalam siaran tertulisnya diterima RADIO LOMBOK FM Rabu.

Lebih jauh ia menjelaskan, berdasarkan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya, maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” imbuhnya.

Masyarakat Obel-Obel, Lombok Timur dilaporkan telah merasakan gempa susulan tersebut, pada skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Menurut Agus, pasca terjadinya gempa tersebut pihaknya belum mendaptkan laporan kerusakan

Dalam catatan BMKG Mataram menyebutkan, sejak Januari hingga Juli 2018 tercatat sebanyak 422 kejadian. Hanya saja gempa susulan tersebut sebanyak 44 kejadian. (07/001)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah