Published On: Mon, Sep 28th, 2015

Lebaran Adat Idul Adha Dihadiri 44 Kiyai dan Penghulu

dibaca 1,153 kali
Share This
Tags

kluRADIO LOMBOK FM – Lebaran yang digelar komunitas adat wetu telu Bayan Kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara yang berlangsung 27/9 di masjid kuno Bayan Beleq dihadiri 44 kiyai yang terdiri dari kiyai lebe, kiyai ketip, kiyai santri dan penghulu adat.

Kasianom, salah saorang kiyai Karang Bajo mengatakan, lebaran adat Idul Adha tahun ini dimulai lebih pagi daripada biasanya. Ini didikarenakan para jama’ah shalat Idul Adha, datang pukul 07.00 wita sehingga acara shalat dan khutbah berlangsung pukul 08.00 – 09.30 wita.

Sementara yang bertindak sebagai imam shalat adalah kiyai lebe dan khatib Amaq Kanto, kiyai dari Dusun Sembulan Desa Bayan. Khutbah yang menggunakan bahasa arab tersebut pada intinya menceritakan tentang pengurbanan Nabi Ibrahim dan Ismail as.

Seusai membaca khutbah acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan penyembelihan hewan kurban sendiri dilaksanakan di masing – masing kampug komunitas adat Wetu Telu.

Pantauan Radio Lombok FM menunjukkan, bahwa pelaksanaan shalat dan khutbah Idul Adha dimasjid kuno Bayan yang terletak diatas sebuah bukit tersebut, berjalan lancar dan khidmat. 004| 010|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah