Published On: Thu, Jun 30th, 2016

Lebaran,  180 Napi Rutan Praya Diusulkan Dapat Remisi

dibaca 1,070 kali
Share This
Tags

f- lapas praya

RADIO LOMBOK FM Lombok Tengah– Rumah Tahanan (Rutan)Kelas II B, Loteng mengusulkan 180 dari jumlah keseluruhan sebanyak 260 narapidana untuk diberikan remisi pada Idul Fitri 1437 Hijriah tahun ini.

Kepala Rutan Praya, Lalu Junaidi menegaskan para napi yang diusulkan mendapat remisi telah memenuhi kriteria seperti berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan, tidak sedang bermasalah, serta telah menjalani masa hukumannya atau minimal 6  bulan dari hukuman vonisnya.

“Saat ini, kita masih menunggu keputusan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) tentang usulan yang telah diajukan ini,” tegasnya 29/06/2016.

Namun, seperti tahun sebelumnya, lanjutnya, keputusan Kemenkumham soal remisi sudah keluar H-3 lebaran dan diumumkan usai salat Idulfitri. Jika seluruh usulan yang diajukan dikabulkan, maka akan ada beberapa napi yang langsung bebas karena sisa masa tahanannya yang akan habis.

“Hanya satu narapidana yang bebas murni bulan ini. Yaitu Ancah Warga Kecamatan Pujut. Dia vonis 6 bulan kurungan karena telah melakukan pencurian mesin air,” ungkapnya.

Menurutnya, dari 180 napi yang diusulkan mendapatkan remisi ini berdasarkan hasil seleksi dari 260 warga binaan yang ada di Rutan. Mereka memperoleh remisi itu bervariasi, mulai dari 15 hari hingga satu bulan dan minimal mereka sudah menjalani masa tahanan minimal enam bulan.

Sebagian besar napi yang mendapat pengurangan masa hukuman tersangkut terpidana pidana ringan. Tidak ada napi kategori khusus seperti narapidana terorisme dan yang lainnya.

“Remisi ini adalah mereka dan harus mereka dapatkan. Tetapi harus memenuhi syarat itu,” terangnya.

Sehingga, pada setiap perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia maupun perayaan agama seperti Lebaran pihaknya selalu mengusulkan remisi bagi napi ini.

Ditambahkan, pihaknya berharap agar semua yang diusulkan tersebut dapat terima. Pasalnya mereka berhak mendapatkan rimisi itu, seperti dalam peraturan yang sudah ditetap oleh pemerintah. |003|23|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah