Published On: Mon, Oct 12th, 2015

Lalu Herman Lakukan Pemberdayaan Kelompok PIK R

dibaca 429 kali
Share This
Tags

laluRADIO LOMBOK FM – “Banyak cara untuk berbagi”. Motto ini tampaknya melekat pada diri Lalu Herman (28) warga Dusun Ujung Mekar Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Kendati hidup serba kekurangan, namun bagi Lalu Herman bukan halangan untuk saling berbagi antar sesama.

Hal ini ditunjukkan dengan melakukan pemberdayaan home industry pembuatan susu kedelai kepada kelompok remaja Desa Karang Bajo yang tergabung dalam Pusat Informasi Konseling Remaja atau PIK-R.

Lalu Herman mengatakan,”Awalnya usaha ini saya produksi sendiri sebagai usaha home industry rumahan, tapi setelah berpikir, usaha ini perlu juga dikembangkan kepada kelompok lain seperti kelompok PIK-R yang ada di Desa Karang Bajo”, ungkap Lalu Herman saat ditemui Lombok FM dikediamannya 11 Oktober 2015 di Desa Bayan.

Selama ini, lanjut Lalu Herman kegiatan yang dilakukan kelompok PIK-R ini cukup positif, karena kelompok remaja ini selalu menyibukkan dirinya dengan berbagai kegiatan, seperti kegiatan seni tari, heaking dan kegiatan positif lainnya.

Melihat kegiatan tersebut, kemudian Lalu Herman mengajak pengurus PIK-R untuk bergabung dengan home industry susu kedelai untk dikembangkan, agar kegiatan para remaja dapat disuport melalui hasil penjualan produksi susu kedelai yang diproduksi sendiri.

Ada sekitar 40 orang remaja Yang tergabung dalam kelompok home industry ini dari tingkat SLTP hingga Perguruan Tinggi,Sedangkan pelatihan pembuatan susu kedelai dilakukan setiap hari dengan sistem roling atau secara bergantian.

“Pelatihan kita lakukan secara roling, karena para remaja ini terbentur dengan kegiatan lainnya, seperti ada yang masuk sekolah pagi dan ada juga yang masuk siang, begitu juga yang kuliah sehingga tidak bisa pelatihannya full satu hari”, jelas Lalu Herman.

Ditanya harapannya, menurut Lalu Herman cukup sederhana yaitu dari hasil pelatihan ini, para remaja bisa mengetahui bagaimana membuat susu kedelai, mamfaatnya dan paling tidak remaja ini bisa memproduksi sendiri dirumah.

Diharapkan kedepan, kelompok home industry ini bisa disuport untuk labelnya dan dari kegiatan seperti Posyandu, bagaimana pemerintah bisa mendanai sehingga susu kedelai ini bisa dikonsumsi oleh balita, ibu hamil dan lainnya daripada menkonsumsi makanan dari luar..|004|050|

      2, VOICE TERKAIT DENGAN PEMBERDAYAAN PIK R

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah