Published On: Wed, Jun 19th, 2019

Lagi Gempa Bumi 4,7 SR Dirasakan Cukup Keras di Lombok Timur

dibaca 555 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur-Wilayah Lombok Timur, kembali diguncang gemp bumi tektonik, Selasa, (18/6) pukul 16.42.23 WITA, wilayah Lombok Timur diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,36 LS dan 116,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km barat laut Pulau panjang, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun geofisika Mataram, Agus Riyanto menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur dan Sumbawa Barat III MMI dan Lombok Utara II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Agus.

Imran. warga Masbagik Lombok Timur mengungkapkan, getaran gempa dirasakan dirinya bersama warga lain cukup keras walaupun hnya sebentar.

“Masyarajat banyak yang keluar rumah ataupun berhamburan keluar dari pertokoan ketika tengah berbelanja karena getaran keras, ” ujarnya.

Meski demikian Agus Riyanto dari BMKG Mataram menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id/ atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” kata Agus. (07/014)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah