Published On: Thu, Oct 22nd, 2015

Kue Celilong Hanya Ada Di Lombok

dibaca 1,364 kali
Share This
Tags

clilongLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com – Celilong merupakan kue khas lombok dari berbagai jenis kue lainnya yang dibuat dari ubi jalar, dan kue ini hanya ada di Lombok.

Celilong sendiri dibuat dengan cara memarut ubi, kemudian menambahkan sedikit garam dan gula secukupnya. Setelah itu parutan ubi di bungkus dengan daun pisang berbentuk potongan pipa tabung lingkaran. Selanjutnya celilong dimasukkan dalam kuali dan dimasak langsung ataupun dengan cara dikukus,Demikian penuturan Inaq Masud, saat ditanya peroses pembuatan celilong di kediamanya rabu 21/10/2015.

Jajanan khas celilong sendiri memiliki banyak versi, ada juga masyarakat yang menggantikan ubi jalar dengan ubi kayu dengan nama yang berbeda, sebut saja kue naga dan bila diisi dengan parutan labu namanya sumping.

Celilong dapat dijumpai dibeberapa desa di Kabupaten Lombok Timur bagian utara, terkait dengan namanya bisa saja sesuai dengan nama lokal dimasing-masing desa.

Ada juga masyarakat mengkombinasikan bahan celilong, dengan ditaruhkan parutan kelapa ditambah gula merah.

Setelah celilong mateng dari hasil pemanasan pada kuali,selanjutnya diangkat, kemudian dihidangkan langsung. Jajanan khas sasak ini sudah jarang ditemui, hanya saja kue celilong didapatkan dengan pemesanan. Untuk pemesanan sendiri anda bisa hubungi kami di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok timur NTB. |006|031|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah