Published On: Mon, Nov 2nd, 2015

KTNA KLU Temukan Adanya Indikasi Penyelewengan Pupuk

dibaca 663 kali

Sekretaris-KTNA-KLU,-JaharuLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lombok Utara menemukan adanya indikasi persekongkolan antara oknom distributor dengan oknom pengecer yang dengan sengaja menyalurkan ke luar wilayah KLU dengan harga diatas ketentuan.

Temuan tersebut disampaikan Sekertaris KTNA KLU, Jaharudin, S.Sos kepada Lombok FM, 02/11/15. Menurutnya, KTNA juga menemukan penyaluran kepada sejumlah pengecer yang tidak memiliki Surat Perjanjian Bersama (SPJB) disamping adanya permainan memanfaatkan SIUP orang lain beserta kelompok diluar wilayah kerja oknom tersebut untuk kepentingan pribadi dalam mendapatkan SPJB.

Gelagat ini, kata Jaharudin,  yang mendorong pihak KTNA menyurati pihak terkait, agar melakukan monitoring secara inten dan mendalami temuan tersebut sebagai dasar memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan. Sanksi berupa pencabutan ijin sebagai distributor maupun pengecer yang merupakan bagian dari pelaksanan di lapangan juga harus ditindak tegas.

Dikatakan, kebijakan distribusi pupuk, sebagaimana diatur dalam peraturan Kementrian Perdagangan No. 07/2009. Distribusi pupuk bersubsidi mulai dari produsen, distributor, pengecer dan petani. Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 15.M-DAG/PER/4/2013 tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian.

Terkait dengan hal tersebut, pengawasan distribusi pupuk bersubsidi harus diperketat, dalam rangka meminimalisir terjadinya persekongkolan penyelewengan yang dilakukan oleh oknom atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Indikasi persekongkolan penyelewengan ini menjadi temuan KTNA KLU bersama sejumlah kelompok tani dalam minggu minggu ini. Petani KLU keluhkan keterlambatan terima pupuk bersubsidi disamping terjadi kelangkaan.

“Masukan tersebut kita harapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan PKT selaku penentu kebijakan disamping melakukan pengawasan yang lebih inten”, tandas Jaharudin. |004|002

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah