Published On: Wed, Sep 30th, 2015

Koramil Bayan Lakukan Pendampingan Ketahanan Pangan

dibaca 846 kali
Share This
Tags

llRADIO LOMBOK FM – Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-03 Bayan, sejak ditandatanganinya MOU antara Kementerian Pertanian dengan Kepala Stap Angkat Darat, terus melakukan pendampingan ketahanan pangan ditingkat masyarakat.

Demikian dikatakan Koramil Bayan, Kapten. Inf. Wayan Sulendra, SH. MH, ketika ditemui diruang kerjanya kemarin. Menurutnya, pihaknya telah membentuk jaring toritorial ditingkat masyakat yang bertugas sebagai penyampai informasi kepada Babinsa atau Koramil terhadap segala permasalahan yang terjadi ditingkat bawah termasuk yang berkaitan dengan keamanan, bencana dan ketahanan pangan.

Pendampingan ketahanan pangan ini, kata Wayan Sulendra, tugas koramil adalah melakukan motivasi bagi warga untuk bertani dan bercocok tanam, agar tidak ada lagi lahan yang kosong baik lahan tadah hujan ataupun lahan irigasi.

Untuk memudahkan koordinasi, pihak Kormail juga sudah membentuk posko ketahanan pangan serta memiliki data lengkap mulai dari jumlah petani yang menanam padi, jagung dan tanaman lainnya hingga jumlah gapoktan, luas lahan pertanian dan jumlah saluran irigasi baik skunder ataupun tersier di kecamatan Bayan.

Dikatakan dalam melakukan pendampingan, ada juga diberikan dalam bentuk bantuan seperti pembangunan saluran irigasi. Sementara untuk optimasi lahan ada 51 kelompok yang mendapat bantuan dengan jumlah bantuan Rp. 24 juta/kelompok. Dan dan tersebut digunakan secara bergulir dalam kelompok tani untuk pembiayaan optimasi lahan dan tetap dibina dan diawasi oleh Babinsa dan Koramil serta PPL dan UPTD pertanian kecamatan.

Ditanya saat musim tanam terjadi kelangkaan pupuk, menurut Koramil yang akrab dengan masyarakat ini, pihaknya akan melakukan pemantauan dan pengecekakan terutama dari aspek pengecer yang perlu dikontrol pendistribusiannya ke petani jangan sampai terjadi salah sasaran pada pupuk bersubsidi. 004| 022|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah