Published On: Fri, Oct 9th, 2015

KONTES KAMBING MERIAHKAN HUT LOMBOK TENGAH KE 70

dibaca 1,504 kali
Share This
Tags

f-kontes Kambing  (2)RADIO LOMBOK FM – Puluhan ekor kambing Jenis fe dan etawa ambil bagian dalam kontes kambing yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Lombok Tengah, dalam rangka menyambut hari jadi Lombok Tengah yang ke 70.

Para pemilik kambing etawa atau jenis fe,membawa kambing mereka berkumpul di lapangan bundar Praya [8/10/2015] untuk mengikuti kontes kambing etawa,Para peserta berasal dari beberpa kecamatan di Lombok Tengah yang menjadi sentral peternakan kambing jenis etawa.

Puluhan jenis kambing dari jantan dan betina hingga hasil persilangan Etawa dan kambing biasa ikut dalam kontes kambing Etawa tersebut,kontes kambing etawa ini di bagi dalam dua kelas yaitu kelas calon pejantan dan betina unggulan.

Hadir dalam acara lomba tersebut adalah bupati Lombok Tengah Suhaili Ft,dan kepala dinas kesehatan hewan provinsi NTB, Budi Seftiani,Budi seftiani mengatakan, Lombok Tengah merupakan daerah dengan potensi besar dalam pengembangan kambing karena kabupaten lombok tengah banyak meminta izin pembelian kambing.

Dalam lomba tersebut,panitia lomba sudah menyiapkan hadiah anak kambing etawa yang diharapkan bisa menjadi motivasi peternak kambing untuk mengembangkan kambing jenis fe etawa ini karena populasi kambing jenis ini di lombok masih kurang.

Kepala Dinas Kesehatan Hewan Provinsi NTB Budi Seftiani mengatakan‘’ lomba ini sangat positif untuk bisa mengembangkan potensi kambing etawa, dan lombok tengah sangat berpotensi untuk pengembangan peternakan kambing jenis etawa,’’ uangkapnya.

Sementara itu bupati Lombok Tengah, Suhaili Ft,menegaskan “kontes kambing ini digelar untuk memeriahkan hut kabupaten Lombok Tengah yang ke 70 dan akan terus di selenggarakan dan dikembangkan terutama susu kambing etawa yang banyak permintaan dari beberapa pemilik Hotel Di Lombok,”jelasnya.

Perawatan kambing etawa ini terbilangh tidak terlalu sulit,cukup dengan rumput dan memberikan makan tambahan dari sisa ampas tahu dan sisa ampas kedelai maka kambing akan tumbuh besar hingga 1, 5 meter,Kambing yang menjadi juara secara otomatis akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, hingga mencapai puluhan juta rupiah.|003|006|

      69-vo-budi-seftiani

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah