Published On: Mon, Dec 14th, 2015

Konsep Jitu Dalam Penanganan Sampah

dibaca 510 kali
Share This
Tags

Kades SakraLombok Timur, Lombokfm.com – Untuk tidak membiasakan kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, pemerintah desa Sakra sedang lakukan pembenahan dengan cara menyiapkan 3 karung disetiap rumah warga, dimana disetiap karung tersebut tertera nama sampah yang boleh ditaruh dimasing-masing karung tersebut, yaitu organik, non organik, dan bling atau pecahan-pecahan gelas, piring lainnya.

Konsep tersebut dinilai akan mampu merubah pola pikir masyarakat sakra hususnya untuk menjadi lebih bersih, bahkan setiap sampah dari ketiga kategory tersebut apabila sampah itu bagus maka pemerintah desa akan membayar sampah itu sendiri.

“Kita rencananya akan membayar sampah yang kita ambil dirumah warga, tapi sampah yang bagus, sehingga disaat pengelolaan juga bagus, mengingat untuk membantu dari nominal anggaran yang ada”, kata Sekdes sakra Zainul Arifin rabu 14/12/2015 saat ditemui Lombokfm diruang kerjanya.

Dengan hal itu, maka satu desa akan dijadikan pilot project, dan akan dilakukan secara maksimal, agar betul-betul menjadi sample yang bisa untuk diikuti oleh dusun-dusun yang lain.

Sementara camat Sakra, L. syafruddin, saat ditemui diruangannya mengapresiasi akan konsep yang diterapkan oleh pihak desa kecamatan sakra khususnya. Selain itu desa Sakra juga satu-satunya desa yang memiliki Badan Kebersihan Desa (BKD).

“Sangat bagus apa yang pihak desa terapkan, kita dari kecamatan mensuport hal itu”, tandasnya. [007][005]

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah