Published On: Mon, Sep 28th, 2015

Komunitas Adat Wetu Telu Bayan Gelar Idu Adha Besok

dibaca 683 kali
Share This
Tags

utaraRADIO LOMBOK FM – Komunitas adat wetu telu Kecamatan Bayan akan menggelar shalat Idul Adha di masjid kuno Bayan Beleq pada hari Ahad, 27 September 2015.

Demikian dikatakan Kepala Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan, Kertamalip ketika ditemui Radio Lombok FM di kediamannya 26/9.

Menurutnya, pelaksanaan shalat Idul Adha bagi komunitas adat wetu telu digelar 3 hari setelah umat Islam melaksanakan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Dikatakan, lebaran haji sering disebut lebaran pendek oleh masyarakat sekitar, yang pelaksanaannya sendiri disesuaikan dengan wariga adat sareat (penanggalan secara adat-red) Bayan yang mempunyai selisih dua atau tiga hari dari kalender hijriyah.

Prosesi lebaran pendek secara sareat adat Bayan dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari pertama disebut hari kayu aik sebuah prosesi kegiatan persiapan menyambut Idul Adha dengan melakukan ziarah kubur, kemudian dilanjutkan dengan menjojo ke Gedeng Tengaq yang berada di kampu Karang Bajo.

Kegiatan ini dilaksanakan pagi hari, dengan membawa alat yang disebut “kedak”, berupa alat yang terbuat dari bambu, diarak dari Rumah amak Lokak Gantungan Rombong dengan membawa kapur sirih dan sembek.

Pada hari kedua yaitu tepatnya hari Ahad 27/9 adalah puncak acara Idul Adha di masjid kuno Bayan yang dihadiri oleh 44 kiyai dan penghulu, serta dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di masing-masing kampu yang ada di Desa Bayan dan Karang Bajo. |004|006|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah