Published On: Thu, May 17th, 2018

KMP Munic Kandas di Perairan Gili Nanggu

dibaca 1,456 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM- KMP Munic XI kandas disekitar perairan Gili Nanggu Kecamatan Sekotong, Lombok Barat (Lobar), Senin (14/5) malam. Kapal yang bertolak dari Pelabuhan Padang Bai Bali menuju Lembar Lombok kandas sekitar pukul 22.20 wita.

Kandasnya kapal itu dikarenakan surutnya air laut yang diduga diakibatkan cuaca yang buruk. Syukurnya dari kejadian itu tidak sempat menimbulkan korban jiwa.

Sekitar delapan jam para penumpang kapal yang berjumlah 108 jiwa berhasil dievakuasi dengan selamat oleh Tim Sar gabungan sekitar pukul 06.15 wita, kemarin.

“Menindak lanjuti laporan yang diterima, tim rescue diterjunkan ke lokasi kejadian dengan mengerahkan armada kapal KN SAR 220 Mataram berserta crew untuk melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pertama (SAR) Mataram, I Nyoman Sidakarya yang ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya, surutnya air dikawasan perairan tersebut membuat kapal milik sar tidak dapat mendekati kapal naas itu. Sehingga pihaknya terpaksan menggunakan sekoci atau kepal kecil untuk melakukan evakuasi dari KMP Munic menuju kapal KN SAR 220.
Sedangkan untuk kapal sendiri, pihaknya masih akan menunggu air pasang yang diprediksi akan terjadi sekitar pukul 09.00 atau 10.00 wita, menggunakan kapal Tug Boat.

“Semua sudah di evakuasi, cuma masih ada ABK kapal sekitar 22 orang yang stay di kapal menunggu air pasang untuk menarik kapal menuju pelabuhan lembar,” ujarnya.
Pada kapal itu sendiri masih memuat kendaraan para penumpang. Terdiri 3 truk ukuran besar, 6 truk sedang, 4 mobil dan 7 motor.

Sementara itu, Humas PT ASDP Ferry Cabang Lembar, Denny N Putra yang dikonfirmasi menerangkan bahwa para korban yang sudah dievakuasi ke pelabuhan lembar sudah dipulangkan. Hanya saja untuk beberapa kendaraan yang masih dikapal belum bisa dievakuasi.

“Sudah diimbau kepada pemilik kendaraan untuk meninggalkan kuncinya, sampai nanti kapal bisa ditarik menuju lembar,” jelasnya.
Ia mengungkapkan KMP Munic itu bertolak dari pelabuhan Padang bai bali sekitar pukul 18.00 wita, dan diestimasikan sampai di pelabuhan Lembar sekitar pukul 22.30 wita. Namun saat pukul 11 malam pihaknya mendegar informasi jika kapal berpenumpang itu kandas pada lokasi itu.

“Itu semalem dapat info itu pihak KPLP kemudian Basarnas penumpang seketika kalau ndak salah itu ada 2 kapal yang digunakan, Cuma karena cuaca evakuasi selesai sekitar 06.30 wita tadi pagi,” jelasnya.

Menurutnya, para penumpang itu saat sampai dipelabuhan lembar langsung diberikan makanan. Termasuk diberkoodinasi dengan tim kesehatan.

Evakuasi penarikan KMP Munic XI sudah dilakukan sekitar pukul 10.30 wita dan dibawa bersandar di pelabuhan penyeberangan Lembar sekitar 12.15. (07/027)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah