Published On: Tue, May 31st, 2016

Kesadaran Berlalu Lintas Masyarakat Lombok Tengah Sangat Rendah

dibaca 700 kali
Share This
Tags

bb1RADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Hasil evaluasi razia Patuh Jaya hingga 29/05, Kasat Lantas Polres Loteng, AKP Pratiwi Novini memaparkan kesadaran pengendara lalu lintas di wilayah Lombok Tengah masih sangat minim.

Hal ini terbukti dari data hasil operasi patuh, Pengendara yang mendapatkan surat tilang sebanyak 3514 pengendara. “Dengan jumlah pelanggaran itu, Lombok Tengah paling tertinggi dibandingkan kabupaten lainnya,” ujarnya diruangan kerjanya 30/05. Ia mengatakan, jenis kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran lalu lintas didominasi oleh sepeda motor.

Rata-rata mereka terjaring razia, karena kesalahan yang sama dengan sebelumnya. Pengendara tersebut tidak membawa kelengkapan seperti surat-surat kendaran dan tidak menggunakan helm. “Tidak ada toleransi dalam razia ini. Kita tetap memberikan tindakan terhadap pengendara yang tidak lengkap,” sebutnya.

Ia mengaku, dalam razia itu juga, pihak berhasil mengamankan kendaraan yang tidak mempunyai surat –surat (bodong ) sejumlah 4 unit, serta senjata tajam 2. “Semua kendaraan bodong itu sudah dimodifikasi menjadi motor trail, sekarang diamankan disini,” tegasnya.

Meski operasi patuh sudah berakhir, lanjutnya, pihaknya ke depan akan tetap melakukan penertiban lalu lintas. Untuk itu, pihaknya himbau agar pengguna kendaraan bermotor wajib menggunakan helm ganda bila berboncengan, serta memasang perlengkapan kendaraan seperti, spion, pelat kendaraan dan yang lainnya.bb

Selain itu, pihaknya juga mengajak terhadap semua masyarakat pengguna kendaraan khusunya untuk lebih sadar dan sayang akan keselamatan dijalan raya. “Pengendara harus membawa kendaraan kemana pun dia pergi,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk menyadarkan masyarakat tentang tertib lalu laintas, pihaknya juga telah melakukan banyak macam upaya. Contohnya seperti sosialisasi ke sekolah dan masyarakat pedesaaan.

Sebelumnya, Kapolres Loteng, AKBP Nurodin mengaku, pihaknya melaksanakan banyak macam kegiatan untuk keamanan menjelang ramadhan mendatang ini. Termasuk salah satunya operasi patuh yang dilakukan oleh Lantas Polres Lombok Tengah. “Kegiatan ini untuk menekan angka kecelakaan yang terbilang tinggi di Lombok Tengah,” tegasnya.

Polres Lombok Tengah mengajak semua pengedara untuk lebih taat kepada semua aturan yang berlaku, supaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban tewas. |003|002|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah