Published On: Fri, Nov 25th, 2016

KEMENDESA: Yang Tau Kebutuhan Desa, Orang Desa Sendiri Mataram,

dibaca 126 kali
Share This
Tags

wRADIO LOMBOK FM, Mataram – “Karena yang paling tahu kebutuhan desa, yang paling tahu apa yang harus dibangun di desa, adalah masyarakat desa tersebut” hal itu disampaikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo pada saat pembukaan acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-18 di Mataram, Rabu 23/11/2016.

Ia melanjutkan, pertumbuhan pembangunan dan perkonomian harus dimulai dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah.

Ia mencontohkan misalkan di suatu daerah membutuhkan di traktor yang besar namun pemerintah memberikan traktor yang kecil, makan akan menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Jika pengeloaan desa diberikan sepenuhnya kepada desa, maka pertumbuhan akan lebih mudah dicapai, “tentunya dengan bantuan Camat, Bupati, dan Gubernur selaku pemangku kebijakan yang ada di daerah”, imbuhnya.

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan kewenangan desa untuk mengelola perekonomiannya. Seluruh dunia melihat Indonesia menjadi contoh, dan kalau Indonesia sudah berhasil dalam pengelolaan desa, makan Indonesia akan menjadi contoh yang pertama di dunia.

“kalau model Indonesia ini berhasil, model kita dalam pembangunan desa ini akan ditiru di negara-negara berkembang lainya, PBB, Bank dunia, lembaga-lembaga lainya akan memakai model Indonesia ini sebagai contoh mengembangkan negera-negera berkembang lainya di dunia”, pungkas Eko Putro Sandjojo. (006|001).

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah