Published On: Sat, Apr 30th, 2016

Kekeringan Semakin Meluas Di Lotim

dibaca 802 kali
Share This
Tags

M2U03995.MPG_snapshot_00.00_[2016.03.21_08.03.16]RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Wilayah terdampak kekeringan di kabupaten Lombok Timur semakin bertambah, dari data awal pada bulan Maret sejumlah 5 wilayah mengalami kekeringan,hingga akhir April data wilayah yang terdampak kekeringan bertambah menjadi 9 wilayah. Daerah yang baru masuk daftar wilayah kekeringan meliputi kecamatan  Suela, Labuhan Haji, dan Peringga Baya.

‘’kemungkinan dalam beberapa  bulan kedepan   lahan kekeringan di Lotim semakin banyak, berhubung hujan tak kunjung turun’’, ungkap Kamal Marsudi Kasi PHP Dinas Pertanian Lotim kepada RADIO LOMBOK FM,  29/4/2016.

Kamal, merincikan jumlah lahan yang kering di Lotim saat ini sebanyak 1896,20 hektare, dengan rincian, kekeringan ringan sebanyak 625 hektare, kategori sedang 383 hektare, masuk kategori berat 326 hektare, dan puso sebanyak 562,20.

‘’sangat parah memang kekeringan Lotim saat ini’’, singkatnya sembari menunjukan data kekeringan terbaru.

Lebih jauh Kamal menegaskan , untuk wilayah puso yang terparah di Lotim diantaranya kecamatan Sakra Timur, Sakra Barat, Wanasaba, Peringga Baya, Labuhan Haji.

Dengan kondisi begitu pihak dinas  tengah melakukan upaya antisipasi adanya lahan kekeringan dan puso yang semakin bertambah dengan cara droping air, kemudian mengintensifkan  komunikasi dengan para pemilik lahan untuk menyelesaikan persiapan irigasi dan sumber air untuk lahan pertanian .

‘’kita tau sumber air kita terbatas, namun kita tetap berusaha dengan para petani untuk mencari sumber air untuk lahan  persawahan’’, jelasnya.

Menurut Kamal, kemungkinan kedepannya akan terus bertambah kekeringan diwilayah Lotim ini karena mengingat sumber air sangat sedikit. Dan untuk tahun 2015 di Lotim tidak pernah mengalami kekeringan, kecuali di Sembalun itupun tanaman holtikultura, tutupnya. |007|076|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah