Published On: Mon, Nov 2nd, 2015

Kekeringan Perlu Penanganan Jangka Panjang

dibaca 477 kali

SumadimLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Untuk mengatasi kekeringan di Kabupaten Lombok Utara, perlu merencanakan program penanganan jangka panjang, sehingga tidak terjadi kekeringan setiap tahun.

Hal tersebut ditegaskan salah seorang anggota kelompok tani Desa Bayan, Sumadim ketika ditemui, 02/11/15.  Menurut Sumadim, kekeringan yang terjadi sekarang ini sudah cukup memprihatinkan, karena Pemda KLU dinilai belum serius menangani persoalan kekeringan.

Selain itu, kekeringan ini terjadi juga akibat  banyaknya hutan lindung yang sudah mulai terkikis karena aktivitas penebangan kayu oleh oknum yang kurang bertanggungjawab, dan pembukaan HKM oleh pemerintah pusat yang membuka lahan dibawah kaki gunung, sehingga penyerapan air pada musim hujan mulai menipis.

Dikatakan, akibat kekeringan ini, khususnya di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, sekitar 60 persen petani yang mengalami gagal panen. “Memang pemerintah sudah melakukan demplot tanaman padi dengan cara jajar legowo, namun program tersebut bukan meningkatkan hasil pertanian, tapi malah menurunkan hasil produksi petani karena banyak yang gagal panen”, kata Sumadim.

Akibat gagal panen karena kekurangan air ini membuat banyak petani kecewa, karena pada saat tanaman mereka butuh air, ternyata  air yang ada tidak mampu mencapai ke sawah para petani, sehingga ada salah seorang petani sampai mau merusak saluran irigasi karena tidak mendapatkan air.

Untuk mengatasi kekeringan dalam jangka panjang, lanjut Sumadin,  masyarakat dan pemerintah perlu membuat rencana untuk melakukan penghijauan serta memberlakukan aturan yang ketat baik awiq-awiq (hukum adat) ataupun hukum negara bagi pelaku penabangan secara liar, sehingga hutan adat dan hutan lindung tetap lestari dan dapat menyerap air pada musim hujan.

“Air ini adalah sumber kehidupan manusia, sehingga membutuhkan perhatian semua pihak untuk melestarikan hutan yang mampu menyerap air, sehingga kekeringan dapat teratasi”, tandas Sumadim yang juga sebagai sekertaris Badan Analisa Sosial dan Advokasi Masyarakat (Basamas) KLU. |004|001

      VOICE SUMADIM TERKAIT KEKERINGAN DI KEC. BAYAN

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah