Published On: Tue, Nov 8th, 2016

Kejadian Kapal TKI Yang Tenggelam di Batam Jangan Terjadi Lagi

dibaca 148 kali
Share This
Tags

maidiRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Lombok Timur H. Maidi kepada RADIO LOMBOK FM mengatakan Lombok Timur merupakan lumbung Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbesar pengirim TKI ke berbagai negara.

Kemudian dengan kejadian kapal tenggelam di Batam beberapa waktu lalu cukup menyentuh ke dirinya dan sangat disayangkan memang akan kejadian tersebut, demikian ungkapnya, Selasa (08/11/2016).

“Sangat disayangkan memang kejadian yang menimpa para TKI kita beberapa waktu lalu, dan saya pun terkejut mendengar berita tersebut”, katanya.

Mencermati kejadian tersebut menurut Maidi karena banyak faktor, bisa jadi birokrasi pemerintahan yang memperlambat pemberangkatan mereka, mempersulit mereka dalam mengurus dokumen-dokumen, dengan begitu para TKI ini menempuh jalur tikus, meski tak berdokumen asal mereka cepat berangkat ke negara tujuan mereka bekerja dan menghasilkan uang.

“Bisa jadi dengan kurang perhatian pemerintah makanya para TKI kita banyak pilih jalur tikus berangkat keluar negeri, akhirnya mereka ilegal statusnya”, jelasnya.

Dengan kejadian itu juga Maidi meminta kepada pemerintah supaya para calon TKI tersebut diberikan perhatian dan jangan dihambat dengan birokrasi yang berbelit-belit.
“Karena tuntutan ekonomi para TKI kita tidak mau dengan proses lama – lama akhirnya nekat berangkat walau ilegal”, jelasnya kembali.

Akuinya hal tersebut menjadi pelajaran bagi semua pihak termasuk dirinya. Ia berharap agar hal itu tidak terulang kembali kepada para TKI yang lainnya, harapnya. |002|022|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah