Published On: Fri, Oct 16th, 2015

Kecamatan Wanasaba Penyumbang Warga Miskin Terbanyak

dibaca 776 kali
Share This
Tags

wargaLOMBOK TIMUR. Lombok Fm – Kecamatan Wanasaba termasuk penyuplai warga miskin terbanyak untuk Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya lapangan pekerjaan dan banyaknya warga menikah diusia dini.

Dikatakan camat wansaba Mawardi, dari 14 desa di Kecamatan Wanasaba penyumbang terbesar kepala keluarga (KK) miskin. “dari jumlah KK lebih kurang 98.000,dan sekitar 32.000 KK terdata miskin” ungkap Mawardi Saat ditemui lombok fm di ruang kerjanya Kamis 15/10/2015.

warga Kecamatan Wanasaba sendiri mayoritas sebagai buruh tani serabutan. Adapun sebagian masyarakat yang memiliki lahan persawahan dan perkebunan memanfaatkan lahanya dengan budidaya jagung, padi dan kedelai.

Potensi yang dimiliki kecamatan wanasaba dari sector industri sangat minim, Sehingga masyarakatnya hanya mengandalkan hasil perkebunan dan sebagianya menjadi pedagang. “dibeberapa desa di Kecamatan Wanasaba tidak ada potensi yang menjadi prioritas, baik dari sector industeri maupun dari sector usaha ekonomi yang lain”. jelas Mawardi.

Sehingga dapat dinyatakan Kecamatan Wanasaba salah satu penyumbang buruh migrant Indonesia terbanyak. Warga yang tidak memiliki lahan perkebunan mengandalkan mata pencaharian alternative dengan menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) luar negeri.

Mawardi mengatakan “kecamatan wanasaba selain menjadi penyumbang tingginya angka KK miskin juga penyuplai terbesar tenaga kerja Indonesia” jelasnya. |006|019|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah