Published On: Tue, Mar 8th, 2016

Kebun Raya Lombok Juga Untuk Konservasi Lingkungan

dibaca 1,402 kali
Share This
Tags

loRADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Kebun Raya Lombok yang berada di Desa Suela Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur merupakan lokasi edukasi, penelitian dan wisata serta jasa lingkungan. Selain itu, lokasi tersebut juga sebagai tempat konservasi lingkungan.

L Ahmadi, Kepala UPTD Kebun Raya Lombok, ia menjelaskan “Ada lima tujuan dibangunya Kebun Raya Lombok ini, konservasi, edukasi, penelitian, wisata dan jasa lingkungan” papanya saat ditemui awak media, Senin 7/3/2016. Menurutnya selama ini konservasi yang dilakukan oleh pihak kebun raya salah satu upaya pelestarian tanaman dan tumbuhan yang ada pulau Lombok dan di luar pulau Lombok. Selain itu banyaknya jenis tanaman khas lokal di Lombok harusnya dikoleksi.

“Banyaknya perambahan hutan dan penebangan pohon di daerah ini, tentu akan menghilangkan keragaman hayati yang ada. Salah satu upaya kebun raya lakukan konservasi untuk koleksi segala jenis tumbuhan” jelas L. Ahmadi. Sementara hasil konservasi per februari ini berjumlah 109 jenis non anggrek dan 43 jenis tumbuhan anggrek. Untuk per jenis tanaman dikembangkan lima sampai lebih. Sehingga jumlah tanaman non anggrek sebanyak 853 tanaman dan 287 batang jenis anggrek.

Semoga keberadaan Kebun Raya Lombok ini dapat menjadi salah satu tempat yang memperkaya khazanah keilmuan masyarakat dan dunia akademik. Semoga pula Keberadaan Kebun Raya Lombok ini bisa menjadi salah satu tambahan destinasi wisata Nusa Tenggara Barat pada umumnya dan Lombok pada khususnya. |006|013|

POLIO

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah