Published On: Thu, Nov 26th, 2015

KEBON BIAQ DIKENAL SEBAGAI DAERAH PENGHASIL BATU BATA

dibaca 1,317 kali
Share This
Tags

bata copyLOMBOK TIMUR,lombokfm.com – Warga Kebon Biak Desa Selaparang, sebut saja Ibu Dani bersama keluarganya produksi batu bata sebagai lahan mengais rezeki di Kecamatan Suela kabupaten Lombok timur. Kebon Biaq sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil batu bata.

Ibu Dani saat di temui lombok fm mengatakan,” bersama keluarganya mengembangkan usahanya sejak satu dasawarsa lalu. “Bata Kebon Biaq , sudah di kenal orang karena usaha ini kerap didatangi tukang rumah atau masyarakat biasa untuk pesan batu bata merah,” jelasnya.

Di kompleks Ibu Dani ada lebih dari 10 los produksi batu bata, sebutan lokal untuk pabrik pembuatan batu-bata,Ibu Dani dan keluarganya termasuk produsen tradisional, Mereka mengolah batu bata masih manual, tidak menggunakan mesin, Namun menurutnya pengolahan tradisional masih jauh lebih berkualitas dan ini kami terus pertahankan.

“hasil produksi kami tentu berkualitas dan tahan banting makanya kami masih bertahan dengan cara begini,” ungkapnya seraya memperlihatkan cara pembuatan batu bata tradisional.

Proses dimulai dari mencampurkan tanah dengan air, kemudian dipadatkan, Selanjutnya, mencetak campuran itu dan menyusunnya. Hasil cetakan harus dikeringkan dulu kemudian dibersihkan, setelah itu dibakar. Proses dari tanah menjadi batu bata siap jual waktunya tergantung cuaca. Kalau panas terik, memroduksi batu bata 600 ribu biji perhari.

Ibu Dani mengatakan,” kalu total pengerjaanya kami berdua dengan suami dapat memproduksi 600 ribu per harinya. Sementara harga batu bata 1000 biji dihargakan Rp. 600.000. Ibu Dani berharap pemerintah daerah terus mengkondusifkan pembangunan,Biar mereka bisa terus membakar tanah, mengais rejeki dari batu bata. |006|026|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah