Published On: Tue, Aug 25th, 2015

Kasus Perbatasan Pantai Nambung, Provinsi Diharap Jadi Penghubung

dibaca 1,022 kali
Share This
Tags

alamRADIO LOMBOK FM – Pemerintah Provinsi NTB, diharapkan menjadi penghubung antara Kabupaten Lombok Tengah dengan Kabupaten Lombok Barat, untuk menyelesaikan sengketa perbatasan di Dusun Nambung Desa Montong Ajan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah. Demikian disampaikan salah seorang anggota DPRD Lombok Tengah, Suhaimi,SH pada Senin (24/8/2015)

Untuk bisa menyelesaikan kasus tersebut lanjut Suhaimi, Provinsi harus memperkaya pengetahuanya mengenai sejarah, biorgrafi wilayah tersebut yang kemudian ditunjukkan dengan baik. Pendapat beberapa ahli juga bias dikumpulkan sebagai salah satu pertimbangan untuk memutuskan masalah tersebut.”Klaim barang tidak harus dibuktikan kebenaranya, tetapi win-win solution menjadi pilihan agar kedua belah pihak diuntungkan,”katanya.

Saat ini kasus tersebut lanjut Suhaimi, sudah sampai pada hal-hal yang sangat kasar dengan klaim jumlah penduduk, adanya sekolah dilokasi tersebut yang diklaim oleh pihak Lombok Barat. Tetapi ada contoh lain yang bias membantah hal tersebut, seperti salah satu sekolah yang ada di Labuapi Lombok Barat yang menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Kota mataram.”Jadi sangat mungkin ada sekolah diwilayah Lombok Tengah yang berada dibawah Dinas Pendidikan Lombok Barat,”tukasnya.

Untuk itu lanjut Suhaimi, tidak bias dijadikan dasar bagi Lombok Barat untuk mengklaim bahwa dengan adanya sekolah diwilayah Dusun Nambung itu, kemudian bisa dinyatakan kalau itu merupakan wilayah Lombok Barat.”Begitu juga dengan adanya warga Lombok Barat yang ada diwilayah tersebut, bukan dsar kemudian Lombok Barat bisa mengklaim kalau itu masuk wilayah Lombok Barat. Yang benar, warga Lombok Barat tinggal diwilayah Lombok Tengah,”ujarnya.

Secara pribadi lanjut Suhaimi, wilayah Dusun Nambung yang memiliki pantai yang indah tersebut, jelas telah masuk ke wilayah Lombok Tengah. Karena keindahan itulah rupanya menurut Suhaimi, Lombok Barat ingin memperluas wilayahnya.”Apalagi kami dapat informasi kalau Lombok Barat memang mau membuat gugusan dinasty wisata dari sekotong ke dusun Nambung yang memiliki air terjun terunik, yakni air terjun asin karena air terjunya dari air laut itu,”pungkasnya.|001|0089

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah