Published On: Thu, Feb 25th, 2016

Kasus DBD di NTB 8 Meninggal

dibaca 1,040 kali
Share This
Tags

a4RADIO LOMBOK FM,Lombok Barat – Memasuki minggu ke delapan dari Januari-Februari 2016 jumlah penderita DBD di NTB mencapai 665 kasus, dengan korban meninggal dunia sebanyak delapan orang. Diinformasikan sejumlah kabupaten/kota dinilai sudah mendekati Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, drg. Eka Junaidi di Desa Telagawaru, Labuapi Selasa (23/2) mengatakan‘’Kalau KLB masing-masing kabupaten/kota yang menetapkan. Ada beberapa kabupaten yang mendekati (KLB) seperti Lombok Timur, Dompu dan Kabupaten Bima,’’ungkapnya.

Dikatakan Eka, sampai minggu ke delapan atau 23 Februari 2016, jumlah penderita DBD di NTB sebanyak 665 kasus. Dengan rincian masing-masing kabupaten/kota yakni, Kota Mataram sebanyak 159 kasus, di mana satu penderita meninggal dunia. Lombok Barat sebanyak 47 kasus, dua orang meninggal dunia.

Kemudian, Lombok Tengah terdeteksi sebanyak 77 kasus, Lombok Timur 163 kasus, empat orang meninggal dunia. Selanjutnya Lombok Utara sebanyak 26 kasus, Sumbawa Barat 27 kasus, Sumbawa 39 kasus, Dompu 33 kasus, Bima 83 kasus dan Kota Bima 11 kasus, dimana satu orang meninggal dunia.

Dikes NTB sebelumnya mencatat, jumlah kasus DBD sampai pekan ke dua Februari 2016 sebanyak 427 orang. Angka ini terus mengalami peningkatan sampai tanggal 23 Februari 2016 kemarin. Melihat peningkatan jumlah penderita DBD itu, memang sudah mendekati KLB DBD.

Namun, yang menetapkan suatu daerah menjadi KLB adalah kepala daerah dalam hal ini bupati/walikota, Meskipun belum ditetapkan sebagai KLB, penanganan di kabupaten/kota sudah seperti KLB. Saat ini tindakan yang dilakukan yakni melakukan fogging dan pemberian obat-obatan. Pemprov NTB mendrop bahan-bahan untuk fogging dan memenuhi obat-obatan pada kabupaten/kota yang mengalami kekurangan logistik obat-obatan,ungkapnya.|010|48|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah