Published On: Tue, Sep 29th, 2015

Kartu Indonesia Pintar Mulai Didistribusikan Ke Lombok Tengah

dibaca 1,043 kali
Share This
Tags

mmmRADIO LOMBOK FM – Program Indonesia Pintar (PIP) kini mulai merambah ke Kabupaten Lombok Tengah. Program yang dulunya bernama Bantuan Siswa Miskin (BSM) tersebut bahkan sudah mulai dicairkan tahun ini kepada siswa-siswi sasaran penerima program.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda (Dikpora) Kabupaten Lombok Tengah, Drs.H.Sumum,Spd.Mpd mengatakan, program tersebut saat ini sedang diupayakan agar tepat sasaran sehingga mekanisme pengusulan harus dilakukan sesuai dengan aturan.”Sesuai dengan petunjuk teknis, maka anak-anak didik yang berhak menerimanya yakni mereka yang masuk sebagai keluarga PKH,”Jelasnya pada Senin (28/9/2015) pada Lombok FM.

Pemerintah lanjut Kabid dikdas, menjamin siswa-siswi sasaran program mendapatkan bantuan dana dari program PIP tersebut. Karena data-data siswa penerima sudah jelas sesuai dengan aturan kementerian dan petunjuk teknis pelaksanaan program tersebut.”Bagi sekolah-sekolah yang mendapat data PKH, maka sekolah tersebut mendapat kiriman Kartu Indonesia Pintar. Pihak orang tua, kepala dusun dan pihak lainya juga diharapkan aktif melaporkan kalau warganya masuk dalam keluarga PKH,”Terangnya.

Tahun ini lanjut Kabid Dikdas, sebesar 60 persen anggaran yang ada dipusat yang diperuntukkan untuk PIP tersebut belum bisa dicairkan karena belum ada data penerimanya. Hal tersebut akibat dari data siswa-siswi penerima program tersebut dari seluruh Indonesia belum mencukupi.”Untuk itu kita mendorong pihak sekolah untuk mengusulkanya melalui format usulan sekolah. Namun saat ini kita belum mendapatkan jumlah kuota untuk Kabupaten Lombok Tengah dari usulan format sekolah itu,”jelasnya.

Bantuan dana PIP tersebut tandas Kabid Dikdas, harus tepat sasaran dan tidak diinginkan disalurkan dengan bagi rata. Artinya bagi mereka yang menerima maka itulah yang diberikan sesuai dangan nama data penerima. “Untuk penerima melalui Dapodik sudah bisa dicairkan, dan proses pencairanya sebenarnya langsung oleh siswa sendiri. Namun olkeh pihak Bank hal itu tidak memungkinkan dan akhirnya diwakili pihak sekolah,”pungkasnya.|001|0142|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah