Published On: Wed, Sep 30th, 2015

Kades se KLU Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa di Jakarta

dibaca 1,174 kali
Share This
Tags

yyRADIO LOMBOK FM – 33 Kepala Desa se Kabupaten Lombok Utara mengikuti Bimbingan Teknis pengelolaan keuangan desa di hotel Travelles Jakarta didampingi Kepala BPMPPKB Lombok Utara, Drs. H. Jayadi N. Bimtek Kades ini akan belangsung selama tiga hari, mulai 30 September hingga 2 Oktober 2015.

Kepala Desa Karang Bajo yang dihubungi Lombok FM via hp, 30/9 mengatakan, bimtek yang diikuti terkait dengan imlementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Dan pada hari pertama, para Kades mendapat bimbingan dari Direktorat BUMN, BLUD dan BMD Ditjen Bina Kementrian Dalam Negeri, M. Umar F Wijaya.

Ketua Rombongan H. Jayadi N dalam pengantarnya mengaku, semua Kepala se Lombok Utara sengaja di berikan bimbingan tekhnis Pengelolaan Keuangan Desa agar semua kepala desa mampu mengelola desanya dengan baik.

Diminta kepada semua kepala Desa agar mengikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa dengan serius selama 3 hari agar ilmu yang diperoleh di Jakarta dapat diimplementasikan di Desa masing masing.

Sementara, Direktorat BUMN, BLUD dan BMD Ditjen Bina Kementrian Dalam Negeri, M. Umar F Wijaya, menjelaskan terkait dengan UU desa yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Desa baik di bidang sosial, budaya dan ekonomi, dan mempercepat pembangunan desa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Selain itu, juga untuk memperkuat desa sebagai entitas masyarakat yang mandiri, meningkatkan peran aparat pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam pembangunan dan kemasyarakatan serta meningkatkan partisipasi dan gotong royong masyarakt dalam membangun desa.

Sedangkan Kertamalip menjelaskan, pada dasarnya desa itu ada sebelum Indonesia merdeka. “Jadi desa punya Kewenangan untuk mengelola desa berdasarkan hak asal usul seperti tanah kas desa, organisasi masyarakat adat, pranata dan hukum adat, kelembagaan masyarakat, kewenangan lokal bersekala desa seperti pasar desa, saluran irigasi, jalan desa, tambatan perahu dan kewenangan yang ditugaskan pemerintah provinsi dan Pemerintah Daerah”, tandasnya. 004| 023|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah