Published On: Mon, Oct 26th, 2015

Kabut Asap Tutupi Gunung Rinjani

dibaca 1,121 kali
Share This
Tags

tertutp asapLOMBOK UTARA,  lombokfm.com – Gunung Rinjani sebagai taman nasional, sejak beberapa hari ini mulai tertutup kabut asap, akibat meletusnya Gunung Barujari dan kebakaran hutan.

Ratusan persoanil baik dari TNI maupun kepolisian dan tim SAR sudah diterjunkan ke lokasi kebakaran. Demikian juga dengan mobil pemadam kebakaran dan ambulance sudah disiagakan di jalur pendakian Desa Senaru.

“Sejak tadi malam, ratusan personil baik dari TNI, Polri dan tim SAR sudah naik memadamkan api. Sementara mobil ambulance disiagakan untuk bersiap-siap, siapa tahu ada persoanil yang sakit, agar cepat bisa ditangani”, kata Kepala Desa Senaru, Isa Rahman, Senin siang 26 Oktober 2015.

Sementara Gunung Rinjani sendiri sudah mulai tertutup asap sejak minggu lalu. “Kalau cerah seperti ini biasanya Gunung Rinjani terlihat jelas. Tapi sudah beberapa hari ini tertutup kabut asap akibat letusan Gunung Barujari dan kebakaran yang terjadi di Gunung Sangkareang dan Gunung Stampol”, kata Isa Rahman.

Isa Rahman yang juga berkantor di jalur pendakian Rinjani mengaku, semua tim sudah mengerahkan kekuatannya untuk memadamkan api serta sudah siap melakukan evakuasi, kalau ada warga yang terjebak di lokasi danau Segara Anak ataupun yang terjebak di lokasi kabakaran.

Kebakaran parah juga terjadi di hutan yang ada di Desa sambik Elen. Salah seorang tim SAR mengatakan, sudah lebih 50 hektar hutan terbakar di taman nasional Rinjani yang terletak di Desa Sambik Elen.

Sumber Lombok FM menyebutkan, pemadaman dilakukan secara manual, yaitu dengan membuat skat agar kebakaran tidak meluas. Hal ini dilakukan karena dilokasi kebakaran tidak ada air, serta mobil pemadam sulit menjangkau lokasi ditengah hutan.  |004|113

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah