Published On: Wed, Oct 28th, 2015

JOKI CILIK GENERASI PEMUDA SASAK

dibaca 1,414 kali
Share This
Tags

jokiLOMBOK TENGAH,Lombokfm.com – Tuan Guru Haji Ijazi Umar saat ditemui Lombok fm di sela-sela kegitanya di desa Bantu Nyale Praya Tengah,Lombok Tengah 28/10/2015,mengatakan,” Berkuda bagi suku sasak Lombok merupakan tradisi turun temurun yang terus dilestarikan dan harus diajarkan kepada anak cucu,”ungkapnya.

tokoh masyakat ini memelihara hampir 16 kuda pacu dirumahnya,Kuda pacu yang dirawat dirumah tuan guru Haji Ijazi Umar ini terbilang istimewa, pasalnya kuda pacu ini di rawat dengan baik, diberikan asupan gizi dan dirawat setiap harinya.

Setiap libur sekolah anak-anak yang menjadi joki cilik diberikan latihan berkuda di sawah dan dipematang sawah, oleh para instruktur dari pemuda setempat untuk persiapan menghadapi pertandingan pada turnamen pacuan kuda di pulau Lombok.

TGH. Ijazi,mengatakan,‘’Kegiatan berkuda sudah menjadi tradisi turun temurun di Lombok Tengah terutama Suku Sasak Lombok,’’ jelasnya.
TGH Ijazi Umar juga menilai kegitan berkuda merupakan tradisi dari leluhur yang juga suka berkuda ‘’Berkuda juga mengajarkan kita tentang perjuangan raullulah dan merupakan sunah rasul karena dahulunya merka juga berjuang dengan menggunakan kuda,” ungkapnya.

Latihan kuda biasa dilakukan oleh para joki cilik untuk mengisi liburan sekolah mereka, sekaligus sebagai persiapan fisik dan mental untuk menghadapi lomba pacuan kuda yang sebentar lagi aka di gelar di pulau lombok, Ingkiton Iza’aan bocah yang baru berusia 10 tahun ini mahir memacu kuda dan sering mengikuti kejuaraan pacuan kuda di beberapa tempat di pulau lombok.

ingkiton iza’aan joki cilik mengatakan,‘’ saya biasanya latihan berkuda,untuk persiapan kerjuaraan kuda,’’jelasnya.

para joki cilik ini selain diberikan pengetahuan berkuda juga diajarkan bagaimana sejarah dari para leluhur, terutama kisah nabi yang berperang menggunakan kuda sehingga selain memiliki kemapuan berkuda para joki cilik di lombok ini juga memiliki pengetahuan agama.|003|024|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah