Published On: Thu, Oct 8th, 2015

JKN Dengan KIS Hanya Beda Nama

dibaca 860 kali
Share This
Tags

sakitRADIO LOMBOK FM – Terkait dengan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebenarnya tidak ada bedanya kecuali hanya beda nama.

Demikian dikatakan Kepala Puskesmas Anyar Kabupaten Lombok Utara, H. Husnul Ahadi, ketika ditemui lombok fm diruang kerjanya kemarin.

“Kartu JKN sekarang ini hanya diganti istilahnya saja menjadi KIS. Dan untuk saat ini meskipun pasien datang membawa kartu Jamkesmas atau JKN tetap dilayani. Begitu juga bagi pasien yang membawa KIS, kita tetap memberikan pelayanan dengan baik”, jelas H. Husnul Ahadi.

Menjawab pertanyaan tentang pembagian KIS di Kecamatan Bayan, H. Husnul mengaku belum dibagikan, karena sistem pendistribusiannya sudah disepakati antara BPJS dengan Kemenkes serta Dinas Sosial bahwa yang bertugas untuk membagikan adalah Dinas Sosial, kerjasama dengan Pemda, Kecamatan dan pemerintah desa.

Menyoroti tentang perlengkapan di Puskesmas Anyar, menurut H. Husnul sudah termasuk lengkap, baik ruang rawat inap ataupun tempat tidur pasien. “Kita memiliki 14 tempat tidur bagi pasien. Dan idealnya bagi Puskesmas hanya 10 tempat tidur bagi pasien yang rawat inap”, jelasnya.

Pasien yang banyak dirawat di Puskesmas Bayan sebagian besar penyakit Ispa dan kekurangan cairan. “Jumlah pasien turun naik setiap bulan berkisar antar 50 – 80 orang pasien yang rawat inap dan rata-rata mengalami penyakit Ispa dan kekurangan cairan”, tandasnya.|004|052|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah