Published On: Wed, Sep 30th, 2015

Jema’ah Haji Kloter I NTB Tiba Dengan Selamat Di Tanah Air

dibaca 1,288 kali
Share This
Tags

f- suasana  kepulangan haji  (6)RADIO LOMBOK FM – Dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, sebanyak 309 jama’ah haji kloter satu NTB asal Lombok Barat (Lobar) tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan selamat, pesawat landing di bandara sekitar pukul 19. 30 Wita Dengan nomor penerbangan GA 5201 JED-LOP.

Pendaratan perdana kedatangan calon jema’ah haji kloter satu NTB di sambut langsung oleh General Manager Angksa Pura I Bandara International Lombok Pujiono.

Jama’ah Haji atas nama H Imran asal Kediri Lombok Barat mengatakan,dirinya bersyukur bisa kembali dengan selamat ke tanah air, Selama melaksanakan haji ia sempat trauma dengan kejadian di Mina, saat kejadian dirinya sedang di maktab atau asrama. Sehingga dia bersyukur selamat dari tragedi tersebut. “Alhamdulillah saya bisa kembali ke tanah air dan selamat dalam tragedi mina,” ungkap H. Imran.

Sementar itu jema’ah haji asal banyumulek haji munawar menuturkan, ketika tragedi mina dan cren tersebut, jema’ah haji asal ntb berada di lantai 4, sementara tragedi itu berada di lantai dasar sehingga semua jema’ah haji kloter satu NTB selamat dari tragedi tersebut. Kita berada jauh ketika kejadian itu, sehingga terhindar dari musibah mina dan cren,’’ tutur haji munawar.

Sementara itu GM bil Pujiono saat dikonfirmasi Radio Lombok fm mengatakan, pendaratan perdana jema’ah haji kloter satu ini sempurna tidak ada kendala dalam pendaratanya meskipaun jadawalnya molor satu jam dari jadwal awal, yang semua akan landing di Bil pada pukul 13:30 diundur menjadi 18:30 Wita.

Sementara itu Zamroni Aziz selaku pejabat dari Kakanwil NTB via telepon mengatakan jumlah jamaah haji kloter pertama yang pulang sebanyak 308. Namun ada satu jamaah hajji yang seharusnya masuk di kloter Empat didahulukan pulang hingga kloter satu berjumlah 309 orang. “Kita tidak tahu apa kendalanya sehingga satu jamaah haji dipulangkan lebih awal, namun yang jelas ini tidak menyalahi aturan,” ungkapnya.

terkait dengan pemulangan ke rumah masing- masing jamaah, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan petugas haji. Hanya saja informasinya, penerimaan kedatanagn tamu allah ini langsung oleh Kakanwil NTB H Sulaeman Hamid dan selanjutnya meraka diperbolehkan untuk dijemput keluarga masing- masing di asrama haji Loang Balok Lobar.

pada hari minggu tanggal 4 Oktober mendatang, giliran jamaah haji Loteng yang tiba di BIL. “Pemulangan pertama diisi jamaah haji Lobar sebanyak 309, selanjutnya Jamaah Loteng menyusul,” ungkap zamroni aziz Selasa (29/9).

Dalam pemulangan haji tahun ini lanjutnya, ia taksirkan tidak ada kloter utuh, artinya jamaah ada yang Tawazzul Atau bertukaran kloter, dan ini disebabkan oleh tragedi mina yang terjadi di Makkah.

Tidak adanya kloter utuh dalam pemulangan kali ini, secara aturan tidak menyalahi, sebab hal ini sering terjadi. “Yang jelas pelaksanaan haji tahun ini paling buruk,” jelas Nasri anggara kemenag Lombok tengah.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Muzakkir Hayyi, MPdI mengatakan, tragedi Mina yang telah merenggut ratusan jamaah haji ternyata tidak berdampak bagi jamaah asal Loteng pada khususnya dan NTB pada umumnya. Dan ini patut disyukuri, Saat kejadian lanjutnya semua jamaah haji Loteng sedang berada di penampungan atau di maktab, sehingga mereka bisa selamat dari tragedy tersebut.

Selain itu lanjutnya, jamaah asal Loteng sangat patuh pada aturan yang sudah diberikan pembimbing, sebab sebelum mereka berangkat ke Makkah, jauh sebelumnya jamaah haji diberikan jadwal atau manasik haji, Didalam manasik tersebut juga dilansirkan jadwal secara terperinci, tentang tata cara pelaksanaan haji termansuk jadwal. “Alhamdulillah jamaah kita bisa melaksanakan haji sesuai dengan jadwal yang sudah kita berikan,” ujarnya.

Muzakkir menambahkan, tragedi mina telah membuat dunia terkejut dan sedih, setelah adanya informasi tersebut pihaknya terus melakukan komunikasi dengan pembimbing, untuk memantau kondisi jemaah haji.|003|0060|

bnisyariah_hasanah_titik

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah