Published On: Tue, Sep 29th, 2015

Inspektorat Belum Lakukan Audit Terhadap LKPJ Kades SE-Lombok Tengah

dibaca 1,169 kali
Share This
Tags

aaaRADIO LOMBOK FM – Hingga saat ini pihak Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah, belum melakukan audit terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Lombok Tengah. Hal itu akibat dari berbagai aturan yang ada seringkali berubah. Demikian disampaikan Inspektur Inspektorat Lombok Tengah. HL.Aswantara.SH pada Senin (28/9/2015)

Begitu juga dengan LKPJ Desa Labulia yang saat ini sedang disoroti oleh warganya lanjut Inspektur, pihaknya belum mengetahui pasti. Karena hal itu saat ini bukan menjadi ranah Ispektorat untuk melakukan tindakan.”Inspektirat bukan bagian dari pihak yang menandatangni dokumen APB-des. Untuk itu jelas kita tidak mengetahui hal itu dan bukan menjadi ranah kami,”katanya.

Begitu juga dengan siapa yang berhak dan diakui sebagai ketua Badan permusyawaran Desa (BPD) semuanya ada di BPMD. Sementara terkait dengan LKPJ tahun 2014 belum melakukan audit. Hal ini akibat dari banyaknya aturan yang sering berubah-ubah disaat aturan itu akan meulai dilaksanakan.”Jangankan saya yang ada dibawah, yang dipusat sana saja pusing dengan berbagai aturan yang berubah ubah ini,”tandasnya.

Yang saat ini yang menjadi masalah dan menjadi bagai gunung es lanjut Inspektur, terkait dengan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang jumlahnya mencapai Rp.1 miliar lebih yang dikucurkan ke desa. Menurutnya terjadi ketimpangan pada proses mulainya diberlakukan program tersebut.”Ini aturanya belum siap, malah dananya sudah digelontorkan. Ini malah tambah bikin pusing,”ujarnya.

Untuk itu lanjut Inspektur, menyelesaikan berbagai masalah yang ada di desa saat ini cara ampuhnya yakni dengan melakukan musyawarah dan mufakat dengan seluruh unsure dan element di desa tersebut. Baik dengan Kades,LKMD dan juga BPD.”Jadi sebelum dibawa ke yang lebih atas alangkah baiknya dirembuk dulu dengan unsure masyarakat disana,”imbaunya.|001|0143|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah