Published On: Wed, Apr 6th, 2016

Ketua KNPI Lombok Timur Akan Dilaporkan ke Polisi, Mengapa?

dibaca 1,020 kali

RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur (Lotim) Daeng Ihsan meradang dan mengancam akan melapor balik ketua DPD KNPI Lotim Taufik Hidayat. Upaya hukum yang akan ditempuh Daeng ini, sebagai bentuk respon balik karena dituding telah melakukan pungli dana Bansos ke nelayan oleh Taufik.

Sebelumnya Taufik, melaporkan Daeng ke Polres Lotim beberapa minggu lalu. Taufik melaporkan Daeng karena dianggap telah melakukan pungutan liar ke   nelayan terkait bantuan dana Bansos.

Daeng pun meradang karena tudingan Taufik itu dinilanya telah mencemar nama baiknya, dan dasar laporan taufik juga dianggapnya salah alamat. ‘’Karena ini sudah menuduh , saya akan lapor balik,” jawab Daeng kepada RADIO LOMBOK FM, Rabu 6/4/2016.

Baginya, tuduhan Taufik ini telah merusak  masyarakat kepadanya. Bahkan sejak dirinya dilaporkan kemudian dimuat di media, dirin21ya sering kali ditelpon keluarga dekat menanyakan kebenaran masalah ini.

Kendati apa yang dlaporkan Taufik ini sifatnya praduga tak bersalah, namun hal tersebut dianggapnya menuduh hingga menyebabkan nama baiknya rusak di mata masyarakat dan keluarga dekatnya. “Biar ini asas praduga tak bersalah, namun menurut saya jelas ini menuduh,” lanjutntya.

Apa yang dilaporkan Taufik terkait pungli Dana Bansos disebutnya salah alamat.Soalnya bantuan yang disalurkan ke nelayan bukan berbenetuk Bansos melainkan bantuan aspirasi. Dan bantuan aspirasi ini beda dengan Bansos. Kalau bantuan aspirasi , berbentuk barang sementara bantuan Bansos bentuknya uang.

‘’ Yang kita salurakan itu, Aspirasi bukan Bansos,” pertegas Daeng.

Bantuan apirasi yang diberikan ke nelayan berupa mesin sebanyak 50 unit . Dalam penyaluran bantuan itu, dirinya sama sekali tidak pernah terlebat. Ketika bantuan datang, ia mengaku sempat dihubungi oleh pihak penyedia barang. Namun ketika itu posisinya bereda di luar daerah. Sehingga ia pun langsung menghubungi kelompok nelayan untuk mengambil sendiri bantuan tersebut.

‘’ Ketika barang itu datang, saya telpon ketua kelompok untuk mengambil langsung barang itu. Dan saya sama sekali tidak pernah bersentuhan dengan bantuan itu,” terangnya.

Namun soal ada pungutan, diakui saat itu memang ada. Disaat bantuan itu datang, setiap kelompok sempat dipungut uang masing-masing Rp. 250 ribu . Namun uang pungutan tersebut disaat itu juga langsung dipakai untuk membeli tiga unit mesin. Bukan hanya itu, setiap bulan masing-masing kelompok juga dipungut uang iruan Rp. 150 sebagai tabungan kelompok. Uang tabungan ini juga nantinya akan digunakan untuk membeli mesin untuk keperluan nelayan itu sendiri.

“Selain bantuan 50 mesin, ada juga mesin tambahan yang dibeli dari uang yang dipungut dan uang iuran tiap bulan,” terangnya.

Penyaluran bantaun aspirasi mesin untuk nelayan, dipastikan sama tidak ada masalah. Pihak dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) juga telah melakukan audit, terkait bantuan itu. Dan hasil audit BPK saat itu tidak ditemukan adanya penyimpangan. Malah BPK saat tu mengapererasi terkait adanya pungutan Rp. 250 ribu dan uang iuran Rp. 150 yang digunakan kembali untuk membeli mesin.

Untuk dirinya siap membuktikan apa yang dilaporkan ketua KNPI tu. Jika tudingan KNPI benar adanya, Daeng mengaku siap untuk mundur dari jabatan nya sebagai anggota dewan. Dan ia juga tidak mau namanya rusak dikarenakan masalah seperti ini.

Terkait laporan Taufik, Daeng juga menjawab dirinya belum pernah dipanggil oleh kepolisian selaku terlapor. Namun dari laporan itu, memang dirinya sempat datang ke Polres Lotim untuk konsultasi masalah upaya hukum yang akan ditempuh balik ‘’ Pokoknya saya siap melawan. Ngapain saya mempertahakan jabatan saya, kalau saya salah,” tutupnya. (007)(014)

 

RADIO LOMBOK FM|Umum|222594|
007|06.04.2016
Click Streaming kami di http://streaming.lombokfm.com/
atau www.lombokfm.com
hubungi 081 9999 84 888 | 0370 653788 | fax 0370 653788 | pin BB : 2BD7C1

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah