Published On: Tue, Apr 5th, 2016

Ini Alasan Aik Numpas Perlu Dilestarikan

dibaca 1,003 kali

Camera 360RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Untuk menjamin kelestarian sumber mata air Aik Numpas di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur. Tujuh desa pemakai diharapkan  bersama-sama menjaga dan memelihara sumber mata air tersebut.

Tujuh desa pengguna itu diantaranya, Desa Beriri Jarak, Bebidas, Jineng, Karang Baru, Karang Baru Timur, Otak Rarangan di Kecamatan Wanasaba, dan Desa Kembang Kerang Daya Kecamatan Aikmel.

Selama ini Desa Beriri Jarak sebagai kawasan yang berdekatan dengan mata air Aik Numpas kerap menjaga dan melakukan pemeliharaan.

Kepala Desa Beriri Jarak Lalu Pauzi, mengatakan “kebanyakan desa hanya sebagai pemakai saja. Agar tidak hanya warga kami yang berbuat, kami berharap tujuh desa berperan aktif menjaga dan memelihara mata air ini” katanya Pada RADIO LOMBOK FM, di kantornya, Senin 4/4/2016.

Hal senada juga disampaikan Ketua BPD Beriri Jarak Manyur S,Pd, pelestarian mata air adalah salah satu upaya yang saat ini kita dorong. Kondisi hutan pada mata air Aik Numpas saat ini semakin menyempit, dan ini berdampak pada debit air yang akan terus berkurang.

Jika kita tidak segera lakukan sesuatu, tentu sumber kehidupan dan penghidupan ini akan hilang. Maka pihak desa akan segera lakukan koordinasi dengan tujuh desa pengguna lainnya.

“kedepan kami akan membangun kerjasama dengan tujuh desa, guna menjaga dan melestarikan mata air Aik Numpas ini” papar Mansyur yang juga aktivis Lingkungan. |006|008|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah