Published On: Thu, Oct 22nd, 2015

Ibu Hamil Masih Banyak Belum Memiliki KTP

dibaca 983 kali
Share This
Tags

Rakor kesehatan tingkat desaLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Sejumlah ibu hamil yang ada di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan, hingga saat ini masih banyak belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau indentitas lainnya.

Demikian dikatakan Bidan Desa Karang Bajo Nur Asiahdalam rapat koordinasi kesehatan tingkat desa kemarin di aula kantor desa Karang Bajo.

Alasan belum memiliki KTP, karena menikah di usia dini atau dibawah 17 tahun dan menikah kedua, sehingga tidak memiliki akte nikah sebagai prasyarat pembuatan kartu Kepala Keluarga (KK) baru. Dampaknya petugas kesehatan kesulitan mendaftarkan ibu hamil tersebut sebagai anggta BPJS sebagai bantuan dana persalinan ibu.

Selain itu, masih juga ditemukan ibu hamil 4T yaitu terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat dan terlalu banyak sehingga dapat mengalami resiko pada saat melahirkan.
Permasalahan lain yang ditemui di lapangan, kesehatan ibu dan anak di Desa Karang Bajo kurang koordinasi antara kelurga ibu hamil dengan kepala dusun, dan kerjasama antara warga dengan desa untuk mempersiapkan KTP dan mengurus BPJS secara mandiri belum maksimal.

Nur Asiah mengharapkan, adar meningkatkan semangat dan kepedulian suami/keluarga siaga dalam mengantarkan ibu ke tenaga kesehatan, sebagai bentuk dukungan keluarga kepada ibu hamil yang akan menghadapi proses persalinan yang aman di tenaga kesehatan, dan meningkatkan peran serta keluarga untuk selalu siap siaga di rumah dan tidak membiarkan ibu untuk bersalin di rumah, serta adanya SUAMI SIAGA yaitu suami siap antar jaga. |004|100|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah