Published On: Thu, May 26th, 2016

IAIN Mataram Akan Menerima 2400 Mahasiswa Baru

dibaca 1,272 kali
Share This
Tags
masnunRADIO LOMBOK FM, Mataram – Di tahun ajaran 2016/2017 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram akan membatasi jumlah penerimaan calon mahasiswa, namun bagi calon mahasiswa yang belum mendaftar masih diberikan kesempatan hingga 3 Juni 2016.

Wakil Rektor 1 IAIN Mataram, Dr. H. Masnun, M.Ag mengatakan, jumlah calon mahasiswa yang akan diterima pada tahun ajaran kali ini sebanyak 2400 calon mahasiswa, yang terbagi kedalam tiga jalur pendaftaran, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) atau jalur prestasi, jalur Ujian Masuk Penerimaan Seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) atau jalur pendaftaran online dan jalur Mandiri. “Karena jumlah gedung dan ruangan yang terbatas, jadi 2400 yang akan kita terima melalui tiga jalur SPAN, kemudian UM-PTKIN dan jalur Mandiri. Kita kemarin sudah menjaring kemarin melalui jalur SPAN itu 980”, kata Masnun saat di konfirmasi RADIO LOMBOK FM di ruangan kerjanya (26/05/2016).

Masnun menambahkan, “Untuk jalur UMPTKIN masih terbuka sampai dengan tanggal 3 juni 2016 yang sudah mendaftar sudah mencapai lebih dari 900 dan akan melaksanakan ujian seleksi pada tanggal 14 dan 15 Juni 2016, dan terakhir nanti jalur Mandiri. Kalau berdasarkan persentase ikuran normal penerimaan calon mahasiswa yang akan diterima melalui 3 jalur tersebut, seperiti melalui jalur SPAN 50 persen, jalur UM-PTKIN 30 persen dan jalur Mandiri 20 persen.

Namun terkadang harus juga melihat realitas, calon mahasiswa lebih banyak yang memilih mendaftar melalui jalur Mandiri. Dan banyak juga dari para calon mahasiswa yang cenderung memilih fakultas tarbiyah atau keguruan, jumlahnya lebih dari 50 persen dari jumlah pendaftar yang sudah ada. Masnun mengharapkan kepada calon mahasiswa agar tidak percaya dengan adanya calo, dan kalau merasa ada ditemukan kejanggalan pada saat pendaftaran, harap dilaporkan kepadanya. (006.026)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah