Published On: Wed, Feb 10th, 2016

HPN Di Lombok Yang Paling Meriah

dibaca 748 kali
Share This
Tags

48LOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di NTB, merupakan perayaan yang paling meriah. Demikian disampaikan Ketua Umum Panitia HPN, Margiono saat menymapikan laporanya pada acara puncak HPN, Selasa (9/2) 2016 di Pantai Kuta Kawasan Mandalika Resort Lombok Tengah.

Kemeriahan tersebut lanjut Margiono, tak lepas dari peran pemerintah yang turut membantu dan memberikan dukungan pada setiap kegiatan yang digelar.” Hari pers sangat meriah, ini tak lepas dari dukungan pemerintah. Selain itu banyak dihadiri oleh tokoh organisasi wartawan dan juga pemilik media, Surya Paloh dan Hary Tano hadir pada acara ini. Dan yang lainya juga semuanya rata-rata hadir,”Katanya.

Selain ratusan wartawan , seluruh organisasi wartawan dan pegiat media tersebut, juga dihadiri oleh sejumlah duta besar negara asing. Antara lain seperti, duta besar Vietnam, Laos, Ukrania, Portugal, China, Kore Utara serta Korea Selatan dan Jepang” Ada duta besar yang tidak bisa hadir namun diwakilkan, seperti Amerika dan jerman,”Katanya.

Pada HPN kali ini, juga hadir puluhan wartawan asing dan wartawan asean. Yang tak kalah pentingnya juga dihadiri organisasi yang cukup berpengaruh pada pers yakni Forum pemred.”Forum ini memang agak aneh, tidak ada anggotnya, semuanya pimpinan,”Gurau Margiono.

Pada program HPN kali ini lanjut Margiono, pihak panitia sempat tawar menawar dengan pemerintah daerah. Terkait dengan usulan panitia untuk menjadikan sebuah jalan baru dengan nama jalan HPN, namun Gubernur dan staf saat itu menolak.”Rupanya pak gubernur inginkan agar jalan yang akan dibuat yakni jalan Bypass Lembar-Khayangan saja yang dijadikan jalan HPN. Dan mohon nanti pak presiden untuk golkan ini,”Ujarnya.

Perjalanan panitian HPN ke Lombok lanjut Margiono, pada tahun ini sangat berkesan karena banyak melalui laut menggunakan KRI Makasar yang dikomandoi oleh Panglima TNI dan diawasi oleh 2 Jendral dan dimonitoring oleh ketua DPRD.”Dan yang istimewa Panglima TNI mengejar kami dalam perjalanan. Itulah sebabnya KRI sempat melamban dan lebih dari 2 jam kami diberikan arahan oleh panglima,”Ungkapnya.

Rapat kepanitiaan HPN tahun ini imbuh Margiono, banyak dilakukan di Kementerian Maritim, hal tersebut berkaitan dengan tema yang diusung yakni soal kelautan. Namun demikian kementerian lain seperti Pariwisata juga ikut mewarnai HPN tahun ini.”Menteri Pariwisata juga demikian dan menggelar kompetisi penulisan pariwisata dengan total hadiah 500 juta. Koperasi UKM latih dan berikan hibah kepada pengusaha keluarga wartawan. BUMN seperti Pertamina, Garuda, Semen dan Bank Mandri dan juga swasta lebih banyak lagi,”Jelasnya.

Kegiatan HPN terdiri dari 44 kegitan, semuanya berlangsung dengan baik dan sukses dilaksanakan selama seminggu. Antara lain operasi katarak dengan peserta 300 lebih dan banyak akan diteruskan harian kompas. Penghijauan 3000 pohon oleh pihak swasta yakni Artha Graha, BNI dan pertanian. “Ada juga dialog budaya, pembicaranya adalah pemenenag anugerah kebudayaan , delapan bupati dan walkikota. Ini nanti jadi event tahunan,”Harapnya.

Perayaan HPN di Lombok ini, juga merupakan perayaan HPN dengan karya tulis terbanyak Adinegoro. Berupa karya tulis dan juga karya foto. Pemenang karya foto itu, adalah fto ketika presiden bersama Kapolri menangis meninjau kebakaran di Sumatera Selatan.”Pada HPN ini dalam sebuah dialog di televise juga banyak disarankan agar HPN dijadikan sebagai media evaluasi dan minta maaf kepada masyarakt atas kelsahan pers. Untuk itu hari ini saya mewakili meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan pers nasional,”katanya.|001|9

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah