Published On: Tue, Oct 20th, 2015

Heboh Situs Kedatuan Langko Ditemukan

dibaca 2,930 kali
Share This
Tags

f-penemuan situsPraya Lombokfm.com – Warga masyarakat Langko Kecamatan Janapria di hebohkan dengan penemuan puing-puing yang diklaim sebagai benteng kedatuan Langko, ketika sedang membuka akses jalan desa.

Batu-bata yang berjejer di kedalaman 1 meter ditengah sawah ini, dipastikan sebagai sisa peninggalan zaman dahulu, namun warga masih menunggu analisa dari ahli arkeologi untuk kembali menggali situs yang baru ditemukan tersebut.

kepala desa Langko Suburahman kepada Lombok Fm mengatakan,”warga setempat menemukan puing yang diperkirakan tembok benteng kerajaan , ketika warga dan aparat desa membuka akses jalan usaha tani di desa setempat pada awal bulan lalu,salah seorang warga bernama joko menemukan susunan batu bata yang berukuran besar yang memiliki motif, yang lain dari batu bata seperti biasanya,”jelasnya.

Warga dan pemuda kemudian iseng mengupload di media sosial sehingga dari pasaka atau organisasai penyelamat budaya dan benda pusaka sasak melakukan, investigasi sehingga diperkirakan benda itu merupakan cagar budaya kedatuan langko zaman dahulu atau sebuah makam dari raja-raja dahulu yang mendiami pulau lombok,jelas Suburahman.

Jaye Kelane Pemerhati budaya,saat di temui Lombok fm di lokasi penemuan situs kerajaan langgko [19/10/2015] tersebut, memprediksikan,penemuan ini adalah merupakan lokasi kedatuan langko dan penemuan ini juga merupakan gerbang kedatuan langgko, uangkapnya.

Sementara itu Ketua Pasaka Lalu Sopiar Putrangga mengatakan,“pihaknya hingga saat ini hanya melakukan pengamatan saja namun belum berani menggali karena masih menunggu keputusan dari Balai Arkeologi Bali yang akan melakukan penelitian, namun jika tidak pihaknya bersama jaringan pelestari cagar budaya akan melakuan penggalian,”ungkapnya.

Dari penuturan warga setempat, di daerah sekitar itu juga ditemukan sejumlah makam tua yang tidak diketahuai siapa yang di makamkan di lokasi tersebut dan tidak pernah ada warga yang mengaku makam itu merupakan makam keluarganya.|003|015|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah