Published On: Thu, May 19th, 2016

Harga Bawang Merah dan Tomat Turun

dibaca 1,216 kali
Share This
Tags

h4RADIO LOMBOK FM, MATARAM – Menjelang bulan Ramadhan tinggal beberapa minggu lagi, belum berdampak terhadap harga kebutuhan pokok seperti bawang merah, cabai, tomat dan lainnya, malah terjadi penurunan harga, kendati terjadi penurunan harga daya beli masyarakat masih kurang.

Penjual bawang merah, Aris mengatakan, harga komoditas bawang merah mulai turun sejak kurang lebih 10 hari yang lalu, dikarenakan petani bawang di wilayah Sumbawa sudah mulai panen yang sebelumnya bawang merah hanya didatangkan dari wilayah Bima. “Inikan keluar bawang dari Sumbawa bikin turun harga bawang, dan kemarin-kemarin banyak orang yang belanja, tapi sekarang sepi”, tutur Aris kepada RADIO LOMBOK FM di Pasar Induk Bertais Mataram (19/05/2016).

Harga komiditas bawang merah saat ini berkisar antara 22 ribu rupiah hingga 23 ribu rupiah per kilogramnya, sedangkan sebelumnya harga bawang merah mencapai 30 ribu rupiah per kilogram. Namun untuk saat ini terjadi kenaikan harga untuk komiditas bawang putih, mencapai harga 33 ribu rupiah per kilogram, harga sebelumnya hanya mencapai 28 ribu rupiah per kilogram.

Aris menambahkan kalau pasar sedang ramai pembeli, ia bisa menjual lebih dari 7 ton bawang merah dalam jangka waktu 2 jam, namun mengeluhkan kurangnya daya beli masyarakat kurang lebih terjadi sudah satu bulan. Selain itu juga terjadi penurunan harga pada komoditas tomat dan cabai seperti yang di ungkapkan ibu Rosihan, harga cabai untuk saat ini hanya 20 ribu rupiah per kilogram, sedangkan sebelumnya mencapai harga 30 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah per kilogramnya.

Begitupun komoditas lainnya seperti tomat yang harganya turun derastis dari harga 18 ribu rupiah turun menjadi 4 ribu rupiah per kilogram. “Menjelang bulan ramadhan belum berdampak terhadap harga bahan pokok”, pungkas Rosihan saat ditemui RADIO LOMBOK FM di Pasar Induk Bertais. (006|015)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah