Published On: Tue, Apr 12th, 2016

Guru Jadi Kasek, Harus Tetap Mengajar Seperti Biasa

dibaca 703 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Seorang guru yang kemudian menjabat menjadi Kepala Sekolah (Kasek) sejatinya bukan sedang melakukan tugas jabatan. Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikpora Lombok Tengah, HL.Muliawan, pada acara Bale Bajang Diskusi dan Aspirasi Untuk Daerah yang digelar DPD KNPI setempat beberapa waktu lalu.

SAM_2700

Dalam acara yang disiarkan secara langsung oleh Lombok FM tersebut, HL.Muliawan menjelaskan mengenai mutasi yang beberapa waktu lalu terjadi dijajaran Dikpora khusnya dibagian Dimen tersebut.”Ada beberapa fungsi mutasi, yakni mengisi kekekosngan, sebagai penyegaran dan juga ada kaitanya dengan promosi yang sejatinya bukan promosi,”Katanya.

Saat seorang guru diangkat menjadi Kasek lanjut Kabid, sejatinya itu bukan semata-mata melaksanakan tugasnya sebagai seorang Kasek. Dia harus tetap mengajar sebagaimana biasanya. “Jadi sejatinya seorang guru yang diangkat jadi kasek, itu artinya guru yang mendapat tugas menjabat kasek,”Jelasnya.

Lebih jauh kabid menjelaskan, saat seorang guru menjadi kasek, maka dia mendapat penghargaan dengan menambah jam mengajar mejadi 18 jam. Setelah melaksanakan 18 jam mengajar itu, maka ia wajib mengajar seperti sediakala sesuai dengan pelajaran bidang study-nya.”Mislanya kalau SMP-SMA cukuplah dia mengajar menjadi seorang guru biasa yakni selama 24 jam mengajar setara dengan 18 jam tatap muka,”Paparnya.

Pada mutasi Kasek sebanyak 62 orang beberapa waktu lalu lanjut HL.Muliawan, ada beberapa hal yang perlu diketahui antara lain, adanya kepala sekolah yang tetap menjadi kasek namun bergeser posisinya kesolah yang lain.”Ada juga yang tugas tambahnya diambil menjadi guru. Karena walau tidak diambil yang bersangkutan itu tetap menjadi guru karena jabatanya tidak diambil,”Terangnya.

Apa yang sudah dilakukan itu tandas HL,Muliawan, tidak lain maksudnya adalah untuk lebih meningkjatkan kwalitas dan dunia pendidikan diharapkan akan menjadi lebih baik kedepan. “Mudah-mudahan dengan mutasi itu dunia pendidikan kita lebih baik, karena kita maklumi bersama perubahan yang terjadi sangat cepat dari segela bidang,”Imbuhnya.|001|21

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah