Published On: Sat, Oct 19th, 2013

Gubernur Resmikan Terowongan Bendungan Pandan Dure

dibaca 2,803 kali
Share This
Tags
Gubernur Resmikan Terowongan Bendungan Pandan Dure

Gubernur Resmikan Terowongan Bendungan Pandan Dure

[Sasak.Org] Gubernur NTB DR. TGH. M. Zainul Majdi meresmikan penggunaan terowongan air di kompleks Bendungan Pandan Dure Kabupaten Lombok Timur (16/5). Setelah peresmian ini, aliran air sungai Palung ditutup selanjutnya dialirkan ke terowongan tersebut. Peresmian penggunaan terowongan ditandai penekanan tombol/sirine oleh Gubernur NTB bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I.

Dengan menaiki exavator di proyek Bendungan Pandan Dure, Gubernur NTB didampingi Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dan tokoh agama Kabupaten Lombok Timur TGH. M. Sibawaihi Mutawalli menyaksikan dimulainya River Closing/ penutupan aliran sungai menuju torowongan Bendungan Pandan Dure. Kegiatan ini merupakan tahapan mega proyek pembangunan Bendungan Pandan Dure di Kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutannya Gubernur atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat NTB pada umumnya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat atas pembangunan Bendungan Pandan Dure ini. Kepada masyarakat Lombok Timur diharapkan untuk bersama-sama menjaga sarana dan prasarana Bendungan Pandan Dure karena dijadwalkan pada tahun 2014 bendungan ini sudah bisa rampung sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat, khususnya untuk keperluan pertanian.

Sebelumnya kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I melaporkan bahwa pembangunan Bendungan Pandan Dure memerlukan pembebasan lahan 414 ha, proses pembebasan lahan telah dimulai tahun 1995/1996 melalui dana APBN seluas 11,65 ha. Tahun 2005 – 2011 melalui dana APBD Provinsi NTB dan APBD Kabupaten Lombok Timur telah dibebaskan 313,35 ha. Total lahan yang sudah dibebaskan 78 % sisanya akan segera diselesaikan oleh Pemerintah Daerah. Sementara itu total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan bendungan ini mencapai Rp. 548,831 milyar. [Lotim]

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.