Published On: Fri, Aug 3rd, 2018

Gubernur NTB Instruksikan Penanganan Gempa dengan Cepat dan Tepat

dibaca 414 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM, Mataram-Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, menginstruksikan agar penanganan tanggap darurat bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Minggu (29/07/2018) lalu, dilakukan terus menerus dan dilaksanakan dengan cepat dan tepat. Koordinasi dan kerjasama antar lembaga harus terus dikedepankan, baik itu oleh BPBD Provinsi maupun seluruh kabupaten terdampak, bekerjasama dengan TNI/Polri dan pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam siaran tertulisnya yang diterima Radio Lombok Fm Kamis (2/8) Gubernur menyatakan, bahwa upaya penanganan tanggap darurat bencana yang telah dilakukan antara lain, mendirikan pusat bantuan/posko bencana, mendirikan dapur umum, menyiapkan tenda pengungsi, mendirikan rumah sakit lapangan dan memberikan bantuan logistik.

Terkait bencana gempa tersebut, Kepala BPBD NTB, melaporkan hingga saat ini jumlah terdampak yang terdata sebanyak 10982 KK atau sebanyak 47.361 jiwa. Sedangkan pengungsi yang terdata sebanyak 8.871 jiwa, meliputi Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara.

Untuk korban jiwa, luka-luka dan rumah yang mengalami kerusakan adalah sebagai berikut: Kota Mataram, sebanyak 1 orang mengalami luka-luka, Kabupaten Lombok Barat, sebanyak 2 rumah rusak berat dan 2 rumah rusak sedang. Sedangkan Kabupaten Lombok Utara, sebanyak 5 meninggal dunia, 12 orang luka-luka, 41 rumah rusak berat, 565 rusak sedang dan 255 rusak ringan.

Untuk Kabupaten Lombok Timur, sebanyak 12 orang meninggal dunia, 353 luka-luka, 2328 rumah rusak berat, 565 rumah rusak sedang dan 2258 rumah rusak ringan. Kabupaten Sumbawa Barat, sebanyak 1 rumah rusak sedang. (07/003)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah