Published On: Tue, Dec 18th, 2018

Gubernur NTB Akui Rehabilitasi dan Rekonstruksi Rumah Pasca Gempa Cukup Berat

dibaca 67 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Mataram-Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengakui, proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di NTB cukup berat dan tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya pemerintah pusat juga tetap menginginkan bahwa rumah bantuan yang dibangun harus rumah dengan model tahan gempa.

“Saya termasuk Gubernur yang paling ngotot agar segera dibangun rumah apa saja dan model apa saja yang penting korban bencana tak boleh tinggal lagi di tenda pengungsian. Presentasi gempa oleh pemerintah pusat memang tidak sederhana,” kata Gubernur Zulkieflimansyah Minggu (16/12) di Mataram.

Meski demikian mantan anggota DPR RI Dapil Bantel ini memahami kebijakan pemerintah pusat agar rumah yang dibangun tetap bisa kokoh jika kembali terjadi gempa.

”Saya mengajak seluruh elemen untuk bahu membahu merealisasikan bantuan rumah untuk warga terdampak gempa. Sekarang target kita ketimbang mengutuk kegelapan mending buat sesuatu, jadi aplikator atau yang bangun rumah yang selama ini terbatas kita perbanyak,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi NTB sendiri sudah memberikan pelatihan guna pembangunan rumah tahan gempa di Science Techno Industrial Park (STIP) Banyumulek, Kediri, Lombok Barat.

Demikian juga model pilihan rumah tahan gempa yang bisa dilihat dan dievaluasi Kementerian PUPR untuk diperbaiki kalau masih ada kekurangan. Banyaknya pilihan model rumah tahan gempa, mulai dari rumah instan sederhana sehat (Risha), rumah instan kayu (Rika), dan rumah instan konvensional (Riko), serta beberapa model rumah tahan gempa lain, membuat proses pembangunan rumah untuk warga terdampak gempa menjadi lebih cepat.

“Saya kira makin banyak pilihan, semakin banyak yang kerjakan. Makin banyak yang dikerjakan, produktivitas untuk Lrumah juga semakin banyak. Saya yakin NO waktu tidak terlampau lama produktivitas akan meningkat jauh lebih baik,” kata Gubernur.

Gubernur juga mengungkapkan rasa bangganya pada warga NTB yang begitu tabah dan mulai menunjukkan semangat bangkit kembali. “Ini menunjukan ketahanan dan ketabahan luar biasa, walaupun kita diterpa bencana yang tidak ringan tapi kita mampu menunjukkan untuk bangkit kembali,” tutup Gubernur. (07/018)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah