Published On: Sat, Jul 7th, 2018

Gilimas Lembar Momentum Kebangkitan Pariwisata Lombok

dibaca 480 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Pembangunan Terminal Gilimas Pelabuhan Lembar, Lombok Barat didasarkan pada kebutuhan akan pengembangan Pelabuhan Lembar dimana percepatan perekonomian NTB mengalami tren pertumbuhan positif dan menjadi gerbang pariwisata internasional yang modern bagi Pulau Lombok khususnya.

General Manager (GM) Pelindo III Lembar, Made Rusli Suniajaya menyatakan, peningkatan arus kunjungan wisata kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan ke NTB, khususnya bagi tren pengembangan wisata di Lombok haruslah diimbangi dengan ketersediaan infrastruktur dan suprastruktur yang memamadai. “Jadi dibangunnya Terminal Gilimas semakin memperpanjang momentum kebangkitan pariwisata Lombok,”kata GM Pelindo III Lembar Made Rusli di Lembar, Jumat (6/7).

Made Rusli menyatakan, Pelindo III mulai membangun dermaga Terminal Gilimas di lahan seluas 25 hektare di Kabupaten Lombok Barat, yang dihajatkansebagai pelabuhan terbesar di IndonesiaBagian Timur (IBT).

“Pembangunan terminal Gilimas ini diharapkan bisa tuntas antara bulan Mei atau Juli 2019 mendatang,” kata Rusli.

Sebelumnya Kamis (5/7) Direktur Utama PT Pelindo III I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra, melakukan penekanan tombol sirine pemasangan tiang pancang Terminal Gili Mas Lembar.

Ashkara menyatakan, Terminal Gilimas akan mampu menampung kapal pesiar yang selama ini tidak dapat sandar di Pelabuhan Lembar. Adapun kapasitas lapangan kontainer mampu menampung 200 ribu sampai 300 ribu kontainer. Adapun nilai investasi bertahap dari pengembangan terminal multifungsi untuk layanan kapal pesiar dan kapal peti kemas tersebut mencapai 1,3 triliun.

Askhara juga menilai, Terminal Gilimas akan meningkatkan posisi strategis Pelabuhan Lembar sebagai gerbang logistik utama di Pulau Lombok. Selain itu diharapkan bisa meningkatkan efisiensi sehingga berimbas pada turunnya harga barang serta memperlancar distribusi komoditas yang dijual dari Pulau Lombok dan sekitarnya. (07/011)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah