Published On: Sat, Nov 10th, 2018

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang KSB, Warga Alas Keluar Rumah

dibaca 399 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM, Mataram-Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4,8 kembali menguncang Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat (9/11) dini hari sekitar pukul 02:36:11 WITA, di wilayah Sumbawa Barat Dalam siaran persnya diterima RADIO LOMBOK FM Jumat (9/11) Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto menjelaskan, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 8,15 LS dan 116,78 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 35 km barat laut Pulau Panjang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) , Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 10 km.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa Barat I SIG-BMKG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.
Sementara itu dampak gempa juga sangat dirasakan warga Alas, KSB. Abidin warga setempat yang bermukim tidak jauh dari pantai Alas merasakan getaran gempa yang tengah terjadi Jumat dini hari tersebut.

“Bersama keluarga saat itu kami keluar rumah unruk mengantisipasi hal-hal yang diinginkan terjadi. Di luar rumah juga sudah banyak yang warga yang keluar,” kata Abidin kepada RADIO LOMBOK FM, via pesan Whasaafnya.

Kepala Stageof Mataram Agus Riyanto membenarkan jika gempabumi tadi malam hanya dirasakan di sumbawa dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. “Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ” ujar Agus.

Menurut Agus, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Kepada masyarakat di wilayah Sumbawa Barat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Sementara itu data yang dihimpun RADIO LOMBOK FM dari BMKG Mataram menunjukkan, hingga 6 November 2018 total gempa di NTB yang sudah ter-update sebanyak 2.253 kali, gempabumi pendahuluan 601 kali, gempabumi susulansejak 5 Agustus 2018 dengan scala M7,0 sebanyak 1
013 kali, gempabumi susulan sejak 19 Agustus 2018 M6,9 sebanyak 639 kali. Dan
jumlah gempabumi dirasakan dari tanggal 29 Juli 2018 sebanyak 150 kali. (07/016)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah