Published On: Sun, Oct 18th, 2015

Geliat Pembangunan Desa Bayan

dibaca 909 kali
Share This
Tags

raden-madikusuma-Kades-BayaTANJUNG, Lombok FM – Bayan termasuk salah satu nama desa yang terletak di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dengan luas wilayah 3716 ha.  Jumlah penduduk desa Bayan terdiri dari, laki-laki 2481 orang perempuan 2618 orang atau 5099 jiwa dengan jumlah kepala keluarga 1451. Dari jumlah tersebut ada sekitar 1091 penduduk miskin dan  sebagian besar pendudukanya bekerja sebagai petani dan buruh tani.

Kendati usia kepemimpinan Raden Madikusuma baru berusia  dua tahun, namun banyak hal yang sudah dapat diperbuat untuk kemajuan desanya seperti pembangunan infrastruktur jalan usaha tani di Timuk Bangket dan Batu Jompang, pembangunan bendungan di Dusun Montong Baru, pemberian traktor kepada 9 kelompok tani, pembangunan rabat jalan Mandala yang didanani PPIP, pembangunan MCK di Bayan Timur dan Mandala serta pembangunan saluran drainase .

Selain pembangunan tersebut diatas, ada juga pembangunan perpipaan air bersih mulai dari dusun Sembulan, Ujung Mekar, dusun Bayan Timur dan dusun Karang Salah, perehaban kantor desa, pembangunan saluran irigasi di dusun Nangka Rempek.

Semua pembangunan yang dilakukan bertujuan selain mempermudah layanan publik juga dapat meningkatkan perekonomian warga dan para petani. “Bayan sebenarnya kaya akan hasil bumi dan memiliki produk-produk unggulan seperti, padi, kelapa, kakau, pisang dan hasil bumi lainnya. Selain itu ada juga anyam-anyaman bambu yang dibuat menjadi bedeg yang ada di dusun Mandala, sehingga perlu dilakukan pengaspalan jalan yang selama ini masih tetap menjadi keluhan warga, karena mengingat arus transfortasinya belum lancar”, kata Kepala Desa Bayan, Raden Madikusuma kepada Lombok FM, kemarin.

Dikatakan,  dengan berlakunya UU Desa Nomor 6 tahun 2016, desa diberikan wewenang penuh untuk mengatur, merencakan dan melaksanakan pembangunan di desa. “Ia kita bersukur disahkannya UU Desa, karena semua desa diberikan dana  rata-rata di atas Rp. 1 miliar lebih”, kata Madikusuma.

Dana tersebut, selain dimamfaatkan untuk membangun infrastruktur seperti perpipaan air bersih, pembangunan gedung PKK, juga dimamfaakan untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan pelatihan, baik bagi ibu-ibu yang tergabung dalam PKK ataupun bagi generasi muda yang ada di Desa Bayan. “Dana desa kita gunakan untuk membangun infrastruktur dan pemberdayaan bagi masyarakat melalui berbagai program pelatihan”, tandasnya.|004|080|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah