Published On: Sun, Nov 15th, 2015

Fungsi Berugak Adat di Kampu Bayan Timur

dibaca 997 kali
Share This
Tags

Berugak-didalam-kampu-BayanLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Berugak merupakan bangunan yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Bayan, terutama masyarakat Adat. Berugak memiliki multi fungsi, yang salah satunya adalah sebagai tempat menerima tamu, karena dalam komunitas adat tidak diperbolehkan menerima tamu di dalam rumah. Fungsi lainnya adalah sebagai tempat untuk ritual adat, dan juga sebagai tempat untuk melaksanakan musyawarah (gundem).

Dalam kampu Bayan Timur Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara terdapat 4 buah berugak yang fungsinya berbeda-beda, diantaranya:

Pertama, berugak Agung adalah berugak utama yang dipergunakan sebagai tempat melaksanakan Gundem/memutus perkara2, berugak agung juga dipergunakan sebagai tempat mengadakan perjamuan dan dipergunakan sebagai tempat menobatkan para prusa atau pengemban adat bayan serta pada acara Gawe Beleq berugak agung dipakai untuk memajang berupa acara khusus gawe beleq.

Kedua berugak Jangan adalah berugak yang dipergunakan untuk mempersiapkan hidangan2 ketika acara perjamuan di selenggarakan dan pejabat adat yang bertugas untuk mengurus tempat ini disebut aman jangan.

Ketiga dua Berugak Temue/tamu yang fungsinya sebagai tempat menerima tamu undangan dan untuk selanjutnya para tamu dapat menikmati hidangan yang disajikan.

Dari sini kita bisa melihat 4 baruga. Bangunan Baruga hampir dijumpai di setiap rumah. Fungsi Baruga biasanya adalah tempat berkumpul kaum lelaki ketika menerima tamu, karenanya menjadi simbol dari laki-laki yang merupakan unsur berikutnya dari Orang Bayan.

Untuk rumah biasa yang bukan rumah adat,  berugak masih dipergunakan oleh pemuda/laki-laki untuk tidur. Namun demikian di rumah adat Bayan Timur, Baruga2 ini memiliki fungsi sebagai tempat melaksanakan upacara-upacara, karenanya masing-masing Baruga memiliki nama.

Baruga di ujung kiri bernama Beruga Agung tempat berkumpulnya para pemangku setiap kali mereka dipanggil berkumpul. Barugak di sebelah ujung kanan disebut Baruga Malang. Baruga yang terdapat di kiri depan adalah Baruga Empak atau daging karena digunakan sebagai tempat untuk mengolah daging. Baruga di kanan depan tidak memiliki nama khusus, namun digunakan untuk penyembelihan hewan. |004|027

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah